Menjalankan Pemerintahannya dari Jerman, Raja Thailand Terancam Diusir

32
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn/ Foto : Istimewa
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn/ Foto : Istimewa

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Pemerintah Federal Jerman dibuat pusing, karena Raja Thailand Maha Vajiralongkorn tetap berada di villa pribadinya di Bavaria dan meninggalkan negaranya yang tengah dilanda demo terus-menerus.

Dikutip dari Deutsche Welle Selasa (24/11/2020), Parlemen Jerman mengatakan bahwa Raja Maha memang menikmati kekebalan diplomatik selama masa tinggalnya di negeri itu. Tetapi Jerman tetap memiliki kekuatan untuk mengusirnya jika terdapat bukti ia menjalankan pemerintahannya dari sana.

Ancaman pengusiran ini sebelumnya diutarakan Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas. Ia telah memperingatkan Raja Maha untuk tidak memerintah negaranya dari Jerman di tengah protes.

“Kami telah menjelaskan bahwa kebijakan yang mempengaruhi negara Thailand tidak dilakukan dari tanah Jerman,” kata Maas.

Raja Maha dilaporkan sudah beberapa waktu ini menghabiskan waktunya di villa mewah di negara bagian selatan Jerman, Bavaria. Namun pada Oktober lalu akhirnya raja terkaya di dunia itu kembali ke negeri gajah putih.

Parlemen Jerman ingin agar sang raja tidak diizinkan untuk kembali ke Negara Rottweiler. Namun kelihatannya hal itu sulit terjadi, mengingat ia memiliki kekebalan diplomatik dan merupakan lambang negara Thailand itu sendiri.

Sementara itu, kerusuhan sempat pecah di Thailand pekan lalu dan melukai 40 orang. Sebanyak lima pendemo bahkan terkena peluru polisi.

Penulis : tata

Connexer Pemerintah Kota Tanjung Pinang DPRD Batam DPRD Lingga Clorismen Indonesia