Siap Go Internasional, Mahasiswa ABI Polbeng laksanakan Kunjungan Industri ke Negara Tetangga

Mimbarpublik.com – Bengkalis – Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Internasional (ABI) Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng), kembali melakukan kunjungan industri. Kali ini dilaksanakan ke negara tetangga, Malaysia.

Sebanyak 92 mahasiswa angkatan 2021 Program Studi ABI Politeknik Negeri Bengkalis, didampingi oleh Ketua Program Studi ABI Wan Junita Raflah, Ketua Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (P4MP), Teguh Widodo, dosen praktisi Program Studi ABI, Armadi Alkuantani, serta beberapa dosen ABI dan tenaga kependidikan (tendik) Jurusan Administrasi Niaga, berangkat dari Pelabuhan Internasional Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selat Baru, pada Ahad (16/7/2023), untuk memulai rangkaian kunjungan industri di Malaysia, dari kembali ke tanah air pada Jum’at (21/7/2023)

Agenda kunjungan dimulai ke pabrik di Kilang Beryl’s Chocolate, dilanjutkan Table Manner di Pacific Regency Hotel Suites, Kuala Lumpur, dan kunjungan studi di School of Management, Universitas Sains Malaysia, Penang.
Dalam kunjungan pabrik di Kilang Beryl’s Chocolate, rombongan Administrasi Bisnis Internasional (ABI) Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) disambut hangat oleh staff Kilang Beryl’s Chocolate.
Diawali dengan penayangan sebuah vidio perkenalan pabrik coklat dan juga tahap pembuatan coklat tersebut, bukan hanya itu rombongan juga diajak keliling pabrik untuk melihat pembuatan coklat secara langsung baik secara manual dengan tangan (handmade) atau menggunakan mesin.

Rombongan juga dapat memperhatikan gerai Beryl’s Chocolate yang ada di kilang tersebut sehingga mengetahui keseluruhan rangkaian proses pembuatan hingga penjualan coklat Beryl yang merupakan salah satu produk coklat premium di Negeri Jiran tersebut.
Selanjutnya kegiatan Table Manners Western Set Dinner yang dilaksanakan di Pacific Regency Suites Hotel. Pada kesempatan ini mahasiswa dibimbing oleh Muhammad Syafiq bin Rahim yang merupakan F&B Consultant Malaysia. Dia mengajarkan mahasiswa tentang bagaimana etika menyantap makanan dengan benar, terutama Western Set Dinner.

Instruktur Syafiq berhasil menciptakan suasana yang santai dan ramah, namun tetap formal sehingga para mahasiswa merasa nyaman dan percaya diri dalam mengikuti table manner yang telah diajarkan.
“Semua pengetahuan dan etika yang diberikan olehnya tidak hanya berlaku dalam acara makan malam, tetapi juga akan membekas dalam kehidupan sehari-hari para mahasiswa yang terlibat,” kata Wan Junita Raflah.
Pada hari terakhir sebelum kembali ke tanah air, rombongan menuju Pulau Penang menuju kampus School of Management Univeristi Sains Malaysia (USM).
Rombongan Prodi Administrasi Bisnis Internasional Polbeng disambut Dekan School of Management USM, Noor Haliza Ahmad dan jajarannya.
Melalui pemaparannya, Noor Haliza Ahmad memperkenalkan School of Management USM, sambil disuguhi hidangan khas Malaysia. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang terbuka baik bagi dosen maupun mahasiswa, kunjungan studi di USM diakhiri dengan tour kampus dengan mengitari kawasan universitas yang sangat luas di antara tengah-tengah kota Penang, Malaysia.
Dekan School of Management USM, Noor Haliza Ahmad dan Ketua Program Studi ABI Wan Junita Raflah berharap kunjungan ini menjadi awal yang baik untuk menjalin kerjasama untuk berbagai program kampus yang tersedia bagi mahasiswa maupun dosen dari Program Studi Administrasi Bisnis Internasional (ABI) Politeknik Negeri Bengkalis dan School of Management USM.

“Kunjungan ini semoga dapat membangun kolaborasi dalam berbagai aspek di antara kedua kampus sehingga mahasiswa kami, sesuai dengan tujuan awal dibangunnya program studi Administrasi Bisnis Internasional, dapat mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih kompeten dan berdaya saing global di Negara Tetangga nantinya.” tutur Ketua Program Studi ABI Wan Junita Raflah.

Laporan Muhammad Syukur