Ini Pesan Kepala Basarnas Natuna Di Acara Penutupan Pelatihan Potensi SAR

239
Personil Search And Rescue Natuna diacara Pelatihan Potensi SAR Teknik Pertolongan di Permukaan Air ( Water Rescue) digelar di Pantai Tanjung, Bunguran Timur Laut, Natuna, Kepri, Rabu (28/10/2020) petang
Personil Search And Rescue Natuna diacara Pelatihan Potensi SAR Teknik Pertolongan di Permukaan Air ( Water Rescue) digelar di Pantai Tanjung, Bunguran Timur Laut, Natuna, Kepri, Rabu (28/10/2020) petang

MIMBARPUBLIK.COM, Natuna – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Mexianus Bekabel, S.Sos.MM, berpesan kepada peserta pelatihan Potensi SAR Teknik Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue) agar kemampuan dan keterampilan yang telah dimiliki saat mengikuti praktek di lapangan.

Baik teknik – teknik pertolongan di permukaan air, Resusitasi Jantung Paru ( RJP ), aplikasi perahu karet, Penggangkatan korban dari air ke perahu karet, Self Rescue serta Defense and Release.

Hendaknya terus diasah dan dipelihara serta ditingkatkan, bahkan dapat diteruskan kepada masyarakat luas, sehingga potensi SAR yang dimiliki oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna semakin handal dan professional.

Demikian hal tersebut disampaikan Mexianus di upacara apel dan pelepasan tanda peserta acara penutupan secara resmi Pelatihan Potensi SAR dilangsungkan di Pantai Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur laut, Kabupaten Natuna, Rabu (28/10/2020) petang.

Mexi menyampaikan secara pribadi maupun selaku Kepala Basarnas Natuna mengapresiasi dan rasa bangga kepada peserta Pelatihan Potensi SAR, telah mengikuti pelatihan dengan baik dan lancar sehingga semua peserta di nyatakan lulus.

” Atas kelulusan ini Basarnas Natuna, akan memberikan Sertifikat surat keterangan kepada seluruh peserta pernah mengikuti pelatihan Teknik Pertolongan Di permukaan Air,” ucapnya.

Semoga Potensi SAR yang telah terbentuk ini dapat menjadi mitra Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP). Khususnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna dalam menangani musibah maupun bencana yang terjadi di wilayah kerja Basarnas Natuna.

Mexi menambahkan, selesai kegiatan Pelatihan Potensi SAR ini, bukan berarti tugas Basarnas dan para peserta sudah selesai. Namun justeru ini adalah awal dari tugas berat sebenarnya yang menanti di depan kita semua.

“Kita memang tidak mengharapkan terjadinya musibah, tetapi kita harus dapat mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan apabila musibah itu terjadi,” jelasnya.

Hadir di acara penutupan Pelatihan Potensi SAR Teknik Pertolongan di Permukaan Air. Kepala Seksi Sertifikasi Potensi SAR Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Raymond Konstantin dan pejabat serta personil Basarnas Natuna.

Penulis : Abdul

Pemerintah Provinsi Kepri