Desa Pattontongan Adakan Kegiatan Pembekalan Pendataan Pokja Berbasis SDGS

Saat Kegiatan Pembekalan Pendataan SDGS Berlangsung di Aula Kantor Desa Pattontongan Kecamatan Mandai Kabupaten Maros (Foto : Nur Fajriansyah)
Saat Kegiatan Pembekalan Pendataan SDGS Berlangsung di Aula Kantor Desa Pattontongan Kecamatan Mandai Kabupaten Maros (Foto : Nur Fajriansyah)

MIMBARPUBLIK.COM, Maros – Kegiatan Pembekalan Pedataan Pokja Berbasis Sustainable Development Goals (SDGS) yang dilaksanakan di Aula kantor Desa Pattontongan Kecamatan Mandai pada Selasa, (20/04/2021).

Sustainable Development Goals (SDGS) adalah upaya terpadu dalam mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi ramah perempuan, desa berjaring dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian pembangunan berkelanjutan.

Merujuk dari peraturan menteri desa, pembangunan desa tertinggal dan transmigrasi tentang prioritas pembangunan dana desa tahun 2021.

Ada 18 tujuan dan sasaran dari SDGS yakni : 1. Desa tanpa kemiskinan 2. Desa tanpa kelaparan 3. Desa sehat dan sejahterah 4. Pendidikan desa berkwalitas 5. Desa berkesetaraan gender 6. Desa layak air bersih dan sanitasi 7. Desa yang berenergi bersih dan terbarukan 8. Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa 9. Inovasi dan infrastruktur desa 10. Desa tanpa kesenjangan 11. Kawasan pemukiman desa berkelanjutan 12. Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan 13. Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa 14. Ekonomi laut desa 15. Ekonomi daratan desa 16. Desa damai dan berkeadilan 17. Kemitraan dan pembangunan desa 18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

Kepala Desa Pattontongan Kecamatan Mandai M Djafar Mengatakan bahwa pelatihan yang berbasi SDGS ini sangat penting dilakukan.

“Memang sangat penting dilakukan agar pembekalan kelompok kerja (Pokja) dan berbasi SDGS apalagi berbicara tentang kesejahteraan masyarakat desa dan pembangunan desa tertinggal,”Ujar M Djafar Saat ditemu di Lokasi kegiatan.

M Djafar juga menambahkan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan Sustainable Development Goals (SDGS) apalagi yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi nasional.

“Kami di desa pattontongan sangat mendukung kegiatan SDGS ini apalagi jika tujuannya berkaitan dengan pemulihan ekonomi nasional dan ini kan sesuai perintah presiden jokowi dodo,”Jelas Kepala Desa Pattontongan Kepada Media.

Djafar sapaannya juga berterima kasih kepada yang turut hadir dalam kegiatan ini dan terkhusus kepada masyarakat desa pattontongan kecamatan mandai kabupaten maros.

“Saya berterima kasih kepada tamu yang turut hadir dalam kegiatan ini dan terkhusus kepada masyarakat desa pattontongan kecamatan mandai kabupaten maros,”Tutupnya.

Turut hadir dalam Kegiatan Pembekalan Pedataan Kelompok Pokja Berbasis Sustainable Development Goals (SDGS) Ini yakni Kabid Bina Pemdes kabupaten maros, Kasi Pemerintahan Kecamatan Mandai, Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Maros, Pendamping Kecamatan / Desa, Ketua BPD, Bhabinkantibnas, Babinsa, Babinpotdirga, Kepala Dusun, Ketua RT, Kader PKK, Kader Posyandu, Karang Taruna, Mahasiswa Stimik Akba, dan Kelompok Pendata Desa Pattontongan.

Penulis : Nur Fajriansyah