Platform Yahoo Answers akan Ditutup Selamanya pada 4 Mei

Situs Yahoo Answers akan ditutup selamanya pada 4 Mei (Foto: Istimewa)

MIMBARPUBLIK.COM – Yahoo Answers, situs dan platform Tanya Jawab berusia 16 tahun dan bersejarah di internet akan ditutup pada tanggal 4 Mei mendatang. Pada hari itulah situs web Yahoo Answers akan mulai dialihkan ke beranda Yahoo, dan semua arsip platform tampaknya akan tidak ada lagi. Pengumuman ini disampaikan Yahoo dalam sebuah banner di situs answers.yahoo.com.

Saat ini pengguna masih bisa mengakses Yahoo Answer dan mengunggah pertanyaan, sekaligus menjawab pertanyaan dari pengguna lain di platform tersebut. Namun, mulai 20 April mendatang hal tersebut tidak akan bisa dilakukan lagi.

Yahoo Answers masih memberi kesempatan pada pengguna yang ingin mengunduh data pertanyaan dan jawaban hingga 30 Juni, tetapi Anda tidak akan dapat mendownload konten, pertanyaan, atau jawaban pengguna lain.

Menurut sebuah surat yang dikirim ke para pengguna Yahoo Answers, penutupan layanan ini dilatarbelakangi oleh merosotnya popularitas platform tersebut.

“Kini, Yahoo Answers tak sepopuler dulu karena kebutuhan anggota kami telah berubah. Untuk itu, kami telah memutuskan untuk mengalihkan sumber daya kami dari Yahoo Answers untuk fokus pada produk yang melayani anggota kami dengan lebih baik dan memenuhi janji Yahoo untuk menyediakan konten premium terpercaya,” kata Yahoo lewat surat yang dikirim ke para pengguna Yahoo Answers.

Selain banyak situs serupa yang bersaing dengan Yahoo Answers, ada juga laporan yang mengklaim penutupan Yahoo Answers ini berakar dari banyaknya pengguna yang melontarkan pendapat soal isu politik yang tidak dimoderasi dan dinilai bisa memicu keributan.

Sumber: The Verge