Ini Fungsi Kunyit Sebagai Anti Virus di jaman Pandemi Covid -19

ilustrasi kunyit | foto: Istimewa

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Kunyit  membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Kunyit mengandung senyawa bernama kurkumin. kurkumin merupakan senyawa yang ditemukan dalam kunyit dan memiliki sifat anti inflamasi yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, berdasarkan penelitian yang dipublikasi di jurnal PLOS ONE (Public Library of Science),

“Kunyit adalah ramuan kuat dengan lebih dari 300 nutrisi termasuk beta-karoten, asam askorbat (vitamin C), kalsium, flavonoid, serat, zat besi, niasin, kalium, dan zinc,” ujar Nikhil Chaudhary, ahli gizi dalam The Indiana Express.

“Namun senyawa aktif yang telah menarik perhatian para ilmuwan, industri suplemen dan ahli teknologi makanan adalah kurkumin karena sifat anti inflamasi dan anti bakterinya.” kata Nikhil

Dhivya seorang ahli gizi senior Rumah Sakit Fortis di Bangalore berkata,”Kunyit dalam bentuk mentahnya dikemas dengan beberapa manfaat kesehatan termasuk efek modulasi kekebalan.”

“Studi yang dilakukan pada kurkumin dan komponen bioaktif lain dalam kunyit dilaporkan memiliki efek menguntungkan dalam berbagai kondisi penyakit dengan memodulasi sistem kekebalan tubuh. Kunyit adalah salah satu bahan utama dalam beberapa pengobatan rumahan yang digunakan untuk berbagai masalah kesehatan,”ujar Dhivya melanjutkan.

Susu dan kunyit yang diparut dan diberi air panas bisa jadi ramuan ajaib untuk menangkal flu, terutama pada anak-anak. Hal ini dikaitkan dengan penurunan infeksi saluran pernapasan berulang.

Namun jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka waktu panjang, menurut WebMD kunyit bisa menyebabkan efek samping misalnya memicu terbentuknya batu ginjal, kekurangan zat besi, dan beberapa efek lainnya.