Diam-diam Instruksi Anies Cat Warna-warni Genteng Rumah Dilaksanakan

Pengecatan genteng rumah | Foto : Istimewa
Pengecatan genteng rumah | Foto : Istimewa

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Cuma Gubernur DKI Jakarta Anies yang memiliki ide aneh menyerap APBD. Diam-diam di 193 rumah di Kelurahan Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan dicat warna-warni. Pengecatan genteng-genteng rumah tersebut merupakan bagian dari upaya memperindah Kota Jakarta Selatan jika dilihat dari atas flyover tapal kuda di Lenteng Agung.

“Pada hari ini kegiatan simbolis untuk pengecatan tematik atap atau genteng rumah warga dalam rangka pembangunan flyover tapal kuda, di mana tapal kuda ini nanti sisi barat dan sisi timur akan dicat tematik, dalam rangka untuk memperindah lingkungan warga dan lingkungan flyover,” ujar Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan Mukhlisin berdasarkan keterangan tertulis, Rabu (2/12/2020).

Lurah Lenteng Agung, Bayu Pasca Soengkono, mengatakan, genteng-genteng rumah yang dicat berada di sisi barat sejumlah 110 rumah dan timur flyover Lenteng Agung sebanyak 83 rumah. Genteng-genteng rumah yang dicat berada di RW 01, 02, 03 dan 05.

“Sehari ada 24 anggota PPSU gabungan dari 2 kecamatan setiap harinya yang mengecat,” ujar Bayu saat dikonfirmasi, Rabu (2/12/2020) pagi. Menurut Bayu, pengecatan ditargetkan selesai dalam waktu satu bulan. Pengecatan dilakukan setiap hari dan tergantung cuaca.

Perintah mengecat genteng itu, sebenarnya pernah muncul dalam tayangan akun youtube Pemprov DKI pada 19 Agustus 2020 ketika Gubernur Anies memimpin rapat dan mendapat sorotan dari netizen.

Kala itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, genteng rumah warga di sekitar jalan layang (flyover) Tanjung Barat dan Lenteng Agung, Jakarta Selatan bakal diwarnai menjadi satu warna. Hal ini agar jalan layang tersebut terlihat estetikanya ketika disorot dari udara.

“Nanti ini akan begini terus fotonya bertahun-tahun ke depan. Wali Kota bicarakan dengan rumah-rumah di sini gentengnya dicatin semua, pak. Jadi kita obrolin dari sekarang,” kata Anies dalam video rapat tersebut.

Penulis : Tata