Polresta Barelang Mengajak Masyarakat Kota Batam Berpartisipasi Dalam Pesta Demokrasi Tahun 2020

Kapolresta Barelang AKBP Yos Guntur, S.IK, MH | Foto: istimewa

MIMBARPUBLIK.COM, Batam – Kapolresta Barelang Polda Kepri AKBP Yos Guntur, S.IK, MH menghimbau masyarakat diwilayah hukum Kota Batam, Provinsi Kepri agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) 2020.

Yos Guntur menyampaikan Polresta Barelang siap mengamankan Jalannya Pilkada Serentak yang Damai Kondusif Sejuk Sehat dan selamat.

Disamping itu, Orang Nomor Satu di Polresta Barelang ini juga mengajak Masyarakat Kota Batam untuk ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi tahun 2020 dengan menggunakan hak pilihnya nanti di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Menjelang Pilkada serentak, kami himbau masyarakat agar jangan tergoda Money Politik, Serta terprovokasi isu sara dan ujaran kebencian,” kata Yos Guntur, di Batam, Minggu (29/11/2020).

“Walaupun berbeda dalam pilihan agar kita menghindari konflik dan menjaga persatuan dan kesatuan antar kita, guna terciptanya situasi yang Kondusif,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan dalam pelaksanaan Pilkada Serentak nanti masyarakat tidak perlu kuatir untuk menyalurkan hak suaranya, karena akan diberlakukan 12 hal baru di TPS pada hari pemungutan suara 9 Desember 2020 nanti.

Berikut adalah 12 Hal Baru di TPS Pilkada Serentak 9 Desember 2020:

  1. Baik petugas di TPS maupun para pemilih wajib menggunakan masker
  2. Menjaga jarak minimal 1 Meter
  3. Mencuci tangan sebelum dan sesudah mencoblos
  4. Para pemilih akan diukur suhu tubuhnya dengan thermo gun
  5. Memakai sarung Tangan
  6. Tinta pemilu tidak lagi dicelupkan, tetapi menggunakan tinta tetes
  7. Daftar pemilih maksimal 500 pemilih untuk tiap TPS
  8. KPPS akan dilengkapi dengan APD
  9. Jadwal kedatangan pemilih sesuai surat undangan, menggunakan masker, membawa pulpen, membawa identitas diri.
  10. Para pemilih akan diatur kedatangannya ke TPS secara berkala
  11. Penyemprotan disenfektan secara berkala dilakukan di TPS
  12. Disediakan bilik khusus bagi pemilih bersuhu di atas 37,3 derajat celcius

Terkait Pilkada yang telah di depan mata, Kapolresta Barelang yang membawahi 13 Kapolsek ini menjamin keamanan pelaksanaan pemungutan suara nantinya.

“Kami segenap jajaran Polresta Barelang bersama dengan TNI dan Pemerintah Kota Batam menjamin Keamanan pelaksanaan pemungutan suara berjalan kondusif, sehat dan mengikuti protokol kesehatan, Ayo datang ke TPS, gunakan hak pilih anda, pemilih berdaulat, negara kuat,” tutup Kapolresta Barelang didampingi Kasubbag Humas AKP Betty Novia. (*)

Penulis: Helmy