Kasus Covid-19 di Natuna Bertambah, Satu Lagi Positif Corona

Ilustrasi Kasus Covid-19 di Kabupaten Natuna bertambah Satu lagi Positif corona, Kamis (05/11/2020).
Ilustrasi Kasus Covid-19 di Kabupaten Natuna bertambah Satu lagi Positif corona, Kamis (05/11/2020).

MIMBARPUBLIK.COM, Natuna – Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah membenarkan, kasus positif Corona di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau bertambah satu orang lagi berinisial AZ (32) seorang perempuan warga Kelurahan Ranai, Kecamatan Bunguran Timur.

Dia menjelaskan penambahan satu kasus baru tersebut merupakan hasil pemeriksaan swab dengan metode RT PCR yang dilakukan di Laboratorium BTKL PP Batam.

“Yang bersangkutan merupakan kasus bergejala dan merupakan kontak erat dari kasus nomor 2 di Natuna. Kini pasien menjalani perawatan di RSUD Natuna,” kata Hikmat dalam keterangan tertulis, Kamis (05/11/2020) siang.

Dengan tambahan kasus ini, terdapat 3 kasus positif Corona di Natuna secara akumulatif. Dua kasus aktif masih dalam perawatan, sementara 1 orang dinyatakan meninggal dunia.

Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna melaksanakan tracing (penelusuran) pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien dan tempat beraktifitas lainnya.

Bila memenuhi kriteria kontak erat maka dilanjutkan dengan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk dilakukan pemeriksaan dengan metode RT PCR di di BTKL PP Batam.

“Kami mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi Covid-19 ini,” sebut Hikmat.

Protokol kesehatan ini harus selalu dilakukan pada saat berinteraksi dengan keluarga yang tinggal satu rumah, keluarga tidak satu rumah ataupun di tempat kerja, sehingga klaster keluarga dan klaster tempat kerja bisa dicegah bersama-sama.

Penerapan protokol kesehatan yang senantiasa harus dilakukan tetap memakai masker, menjaga jarak (tidak bersalaman) dan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin.

Dengan membiasakan hal demikian upaya pencegahan memutus mata rantai penularan wabah covid-19 di Natuna dapat dicegah, pintanya.

Penulis : Abdullah