Pemko Batam-Unimed Teken MoU, Pendidikan Penting untuk Tingkatkan SDM

Walikota (kiri) dan Rektor Unimed tanda tangan MoU di acara Pelantikan Pengurus IKA Unimed di Golden View Hotel, Sabtu (4/11)

MIMBARPUBLIK.COM, BATAM – Ketua Umum PP IKA Unimed, Jaffaruddin Harahap S. Pd, M. Si melantik Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Alumni Universitas Negeri Medan (Unimed) periode 2023-2027 di Golden View Hotel, Bengkong pada Sabtu (4/11).

Pada acara yang dihadiri oleh lebih dari 600 orang itu dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) antara Walikota Batam, H.M. Rudi dan Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin. S.T., M.Pd dan Seminar Nasional Pendidikan bertajuk “Perubahan Paradigma Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Menuju Indonesia Emas 2045” yang disampaikan oleh narasumber Prof. Dr. Syawal Gutom, M.Pd.

Walikota Batam H.M. Rudi  menyampaikan bahwa pendidikan merupakan bagian yang sangat penting dalam menghadapi masa depan khususnya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Batam. Dia juga menyebutkan bahwa MoU dengan Unimed ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap program pendidikan di Batam di semua jenjang pendidikan baik tingkat dasar, menengah dan perguruan tinggi (PT).

“Batam masih belum dikenal pendidikannya, oleh karenanya saya perlu menjalin kerjasama dengan banyak universitas baik itu di dalam negeri maupun luar negeri. Dan Unimed merupakan salah satu universitas terkemuka di Sumatera Utara yang memiliki banyak program studi dan fakultas yang berkualitas,” ujar Rudi.

Tampak hadir dalam kesempatan itu, Kadisdik Batam Tri wahyu Rubianto, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Batam Reza Khadafi dan undangan lainnya. Sementara, rombongan Rektor Unimed yang hadir yaitu Wakil Rektor 1-4 di Unimed dan jajaran serta Ketua Umum PP IKA Unimed, Jaffaruddin Harahap S. Pd, M. Si.  

Walikota, Rektor Unimed dan Ketua Umum DPP IKA Unimed foto bersama dengan pengurus wilayah (PW) IKA Unimed Kepri

Dia menyebutkan kerjasama antara Pemko Batam dengan Unimed juga dapat membuka peluang bagi para siswa dan guru yang berada di Batam untuk mengembangkan potensi dan kompetensi mereka. Pemko Batam, kata Rudi bakal memberikan fasilitas dan dukungan bagi para siswa dan guru yang ingin melanjutkan pendidikan atau mengikuti pelatihan di Unimed.

Sementara, Rektor Unimed Prof. Baharuddin menyambut baik kerjasama antara Unimed dengan Pemko Batam. Dia menyebutkan bahwa Unimed siap memberikan pelayanan dan bimbingan bagi para siswa dan guru di Batam yang ingin mengembangkan diri di bidang pendidikan.

Lebih jauh Prof Baharuddin menguraikan bahwa Unimed memiliki visi untuk menjadi universitas yang unggul, inovatif, dan berdaya saing di tingkat nasional dan internasional. Unimed juga memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional dan berkompeten di berbagai bidang ilmu.

“Kami juga memiliki fasilitas dan sarana prasarana yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar,”  kata  Prof. Baharuddin.

Prof Baharuddin secara khusus mengapresiasi perkembangan Batam sebagai kota industri dan pariwisata yang memiliki banyak potensi dan daya tarik. Dia berharap, MoU Unimed dengan Pemko Batam dapat meningkatkan kerjasama antara Unimed dengan berbagai pihak di Batam, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat.

“Batam sangat luar biasa, pembangunan yang tumbuh pesat, kota industri dan pariwisata yang juga memiliki banyak kuliner lezat. Kami berharap, kerjasama ini dapat meningkatkan sinergi antara Unimed dengan Kota Batam dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,”  ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan pelantikan pengurus PW IKA Unimed Provinsi Kepri yang dilantik oleh Ketua Umum PP IKA Unimed, Jaffaruddin Harahap S. Pd, M. Si.

Adapun pengurus PW IKA Unimed Kepri yang dilantik yakni Ketua Martin Sihombing, Sekretaris Pardomuan Sitanggang dan Bendahara Herry D Sembiring. Ketua PW IKA Unimed Provinsi Kepri, Martin Sihombing M.Pd dalam sambutan menyampaikan pihaknya berharap bisa bermitra baik dengan Pemko Batam maupun Pemprov Kepri dalam mengembangkan kualitas pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Dengan alumni Unimed Kepri yang berkiprah di berbagai sektor, kami yakin bisa bermitra dengan Pemko Batam, Pemprov Kepri maupun kabupaten/kota se-Provinsi Kepri dalam pengembangan pendidikan dan SDM termasuk di sektor lain,” ujar Martin, Sabtu (4/11).

Dia menyebutkan bahwa saat ini jumlah alumni Unimed yang ada di Provinsi Kepri mencapai 1.500 orang dengan sebagian besar berada di Batam dan sebagian lainnya berada di kabupaten/kota di Provinsi Kepri. Besarnya jumlah alumni itu merupakan potensi yang besar dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM di Batam maupun Kepri.

“Dari sekitar 1.500 alumni itu, hampir 1.000 orang berada di Batam dan sisanya di kabupaten/kota lain seperti Bintan, Karimun, Lingga dan bahkan Anambas. Alumni Unimed sebagian besar berprofesi sebagai guru dan sebagian di sektor swasta,” ungkap Martin.

Masih rangkaian pelantikan PW IKA Unimed Kepri juga digelar  Seminar Nasional Pendidikan bertajuk “Perubahan Paradigma Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Menuju Indonesia Emas 2045” yang disampaikan oleh narasumber Prof. Dr. Syawal Gutom, M.Pd. Peserta yang merupakan guru di tingkat SD maupun SMP tampak  antusias mengikuti seminar tersebut.

Terpisah, Ketua Panitia Pelantikan PW IKA Kepri dan Seminar Nasional Pendidikan, Herry D Sembiring menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung suksesnya acara tersebut.

“Terima kasih kepada Pak Wali (Walikota Batam), Pelindung IKA Unimed Kepri Bapak DR. HM Soerya Respationo, SH, MH Ketua DPRD Batam  Bapak Nuryanto SH, MH, Ibu Dwi Ajeng Sekar Respaty dan semua pihak yang mendukung acara ini. Untuk peserta seminar mencapai 600 orang lebih dan yang lebih membanggakan kami bahwa Ketua Umum PP IKA Unimed Jaffaruddin Harahap S. Pd, M. Si juga hadir dalam pelantikan PW IKA Unimed Kepri  dan Rektor kami Bapak Prof Baharuddin menandatangani MoU dengan Bapak Walikota Batam,” ujar Herry. (don)