Tim Matching Fund Politeknik Negeri Bengkalis Laksanakan Pembekalan Lapangan Survey Titik Batas Desa bagi Mahasiswa di Muntai

Kegiatan saat pembekalan dan berlatih langsung di lapangan Foto by humas

MIMBARPUBLIK.COM, BANTAN – Kegiatan pembekalan lapangan tentang survey titik batas desa bagi mahasiswa dan pemerintah desa diadakan di Desa Muntai Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Tim Matching Fund Politeknik Negeri Bengkalis berkolaborasi dengan pemerintah desa setempat untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa dan masyarakat desa  terkait survei titik batas desa.

(3 Oktober 2023)

Pembekalan lapangan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menjalankan tugas-tugas survey tim terpadu desa, dengan fokus pada pemetaan dan penentuan batas desa yang akurat. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa yang memiliki minat dan komitmen dalam geospasial dan pemetaan.

Dedi Enda, Ketua Matching Fund, menjelaskan, “Mahasiswa merupakan aset berharga dalam upaya pembaruan kebangsaan dan pengembangan daerah. Dengan pelatihan ini, mereka akan diberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan survei titik batas desa dengan akurat dan efisien sesuai dengan Permendagri 45 Tahun 2016 tentang Tentang Pedoman Penetapan dan Penegasan Batas Desa.” Terangnya.

Kegiatan saat pembekalan dan berlatih langsung di lapangan Foto by humas

Pembekalan ini mencakup berbagai aspek teknis, hukum, dan praktis terkait dengan survei titik batas desa. Para mahasiswa juga diajari tentang penggunaan peralatan dan teknologi terkini yang relevan dalam pemetaan. Selain itu, mereka memiliki kesempatan untuk berlatih langsung di lapangan untuk memperoleh pengalaman yang sangat berharga dengan di damping oleh tim ahli.

Pemerintah desa juga memainkan peran penting dalam keberhasilan pembekalan ini. Mereka tidak hanya menyediakan lokasi survei, tetapi juga memberikan panduan dan berbagi pengetahuan tentang wilayah desa yang akan dipetakan.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung pembaruan administrasi pemerintahan dan mendorong pengembangan daerah yang berkelanjutan. Mahasiswa yang telah melalui pelatihan ini akan memainkan peran kunci dalam menjaga ketertiban administrasi, serta dalam memberikan kontribusi positif dalam penentuan dan penegasan batas desa yang lebih akurat.

Pemerintah desa, Tim Matching Fund Politeknik Negeri Bengkalis, dan para mahasiswa yang telah dilatih sangat antusias dan bersemangat untuk melanjutkan langkah-langkah berikutnya dalam proses pemetaan batas desa dan pemberdayaan wilayah ini. Kami berharap bahwa hasil dari pelatihan ini akan membawa manfaat nyata bagi masyarakat di Desa Muntai dan sekitarnya. (Mad)

Laporan Muhammad Syukur Bengkalis