Ketua DPRD Kota Batam Menerima Audensi Panitia Hari Santri Nasional

Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, SH, MH Menerima Audensi Panitia Hari Santri Nasional Kota Batam Tahun 2023.

MIMBARPUBLIK.COM, BATAM – Hajat tahunan para santri seluruh Indonesia, yang dikemas dalam Hari Santri semakin dekat. Berbagai kegiatan telah dirancang untuk memeriahkan peringatan tahunan yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober 2023. Termasuk di Kota Batam, Provinsi Kepri dengan mengusung tema ‘Jihad Santri, Jayakan Negeri’.

Tercatat, sebanyak 10 ribuan santri yang berasal dari 68 pesantren yang ada di Kota Batam dilibatkan dalam momen tersebut.

“10 ribuan santri dari puluhan pesantren ini, tersebar di seluruh Kota Batam. Dan mereka ini mengikuti tiga rangkaian (agenda) kegiatan yang sudah dicanangkan,” terang Nur Rahmansyah, Ketua Panitia Hari Santri Kota Batam

Tiga agenda tersebut, jelas Nur Rahmansyah, terdiri dari perlombaan olahraga yang ikuti 1.000 peserta. Dan dilanjutkan dengan Kemah Santri yang digelar di Pantai Nuvansa Bay Nongsa yang akan digelar pada 15-17 Oktober 2023 mendatang.

“Dan puncak acaranya akan dilakukan dengan Upacara Hari Santri yang akan digelar pada Minggu (22/10/2023) mendatang di dataran Engku Putri Batam Center. Dengan dihadiri 10 ribu santri,” tegasnya.

Merespon hal tersebut, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto S.H., M.H. disela-sela menerima kunjungan silahturahmi panitia acara, mengucapkan selamat Hari Santri 2023. Dan berharap agar para santri dapat menjadi generasi penerus bagi masa depan bangsa Indonesia, khususnya Kota Batam.

“Kami mengucapkan selamat hari santri tahun 2023. Dan berharap agar para santri dapat menjadi generasi penerus terhadap masa depan bangsa dan daerah,” jelasnya.

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada pengurus pondok pesantren dan para santri/wati yang ada se-Kota Batam serta panitia penyelenggara yang telah menyukseskan kegiatan peringatan Hari Santri 2023 tingkat Kota Batam.

Dan hal ini membuktikan bahwa perkembangan Pondok Pesantren di Batam jumlahnya kian bertambah. Dan kiat pesat pertumbuhannnya.

“Kami berharap Ponpes diharapkan lahir santri-santri yang beriman dan bertakwa. Mengingat, Ponpes tempat menuntut ilmu bagi santri,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Hari Santri Nasional 22 Oktober 2023 adalah salah satu momen yang biasanya diperingati rutin setiap tahunnya. Hari Santri Nasioan telah diperingati secara rutin sejak 2015 lalu.

Ketetapan peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2023 ini dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo di Masjid Istiqlal Jakarta, pada Kamis, 22 Oktober 2015 lalu.

Adapun dipilihnya 22 Oktober sebagai peringatan Hari Santri Nasional adalah merujuk pada satu peristiwa bersejarah, yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.

Seruan itu berupa perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu (Inggris) yang ingin menjajah Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan. Saat itu, Inggis yang menang Perang Dunia II ingin mengambil alih tanah jajahan Jepang. Di belakang tentaran Inggris, ada pasukan Belanda yang juga ingin menjajah.

Seruan yang dikenal dengan “Resolusi Jihad” itu memicu perlawanan umat Islam di sejumlah daerah, terutama di Surabaya pada 10 November 1945. Penetapan hari santri itu dimaksudkan untuk meneladani semangat jihad rasa cinta tanah air yang digelorakan para ulama.

Adapun tujuan peringatan Hari Santri 22 Oktober adalah tak lain untuk mengenang perjuangan para santri dan juga ulama, dalam mempertahankan keutuhan dan kemerdekaan Indonesia. (*)

Sumber: metrobatam