STQH Ke XII Bintan Digelar

Bupati Bintan Roby Kurniawan, saat diwawancarai di halaman Majid Al-Hikmah, Desa Teluk Sasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Rabu malam 15 Maret 2022 (F. Patar Sianipar)

MIMBARPUBLIK.COM, BINTAN – Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) ke XII, yang diikuti 10 Kecamatan di KabuSTQH Ke XII Bintan Digelar Bintan selama tiga hari, dan dimulai dari Rabu (15/03/2023) hingga Sabtu (18/3/2023).

Kegiatan STQH ini dibuka Bupati Bintan Roby Kurniawan, di halaman Majid Al-Hikmah, Desa Teluk Sasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam, dan untuk penutupannya akan dihadiri Ustaz Abdul Somad yang dilaksanakan di Gedung Nasional Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Sabtu (18/3/2023) malam.

Ketua Panitia STQ Kabupaten Bintan, Wan Rudy Iskandar mengatakan, kegiatan ini diikuti 115 peserta dari 10 kecamatan, untuk 5 cabang yang diperlombakan.

“Peserta yang akan lolos akan mengikuti STQ tingkat Provinsi Kepri yang digelar di Kabupaten Karimun pada tanggap 9-18 Mei 2023 mendatang,” paparnya.

Pembukaan STQH ke XII ditandai dari penyerahan piala bergilir dari Camat Bintan Utara, Deny Irman Susilo ke Bupati Roby dan diteruskan ke Ketua Panitia STQ, Wan Rudi Iskandar. Selanjutnya, pemukulan beduk oleh para pejabat.

Roby mengatakan, STQH sebagai wadah silaturahmi serta syiar Islam untuk meningkatkan iman dan taqwa masyarakat Bintan.

“Berdasarkan tema STQH ke XII ini diharapkan akan mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang tangguh dan qur’ani untuk mewujudkan masyarakat yang religius dan berakhlak serta berkarakter,” ujarnya

“Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan komitmen untuk kembali kepada nilai suci alquran dalam kehidupan sehari-hari, dan tetap menjadikan alquran sebagai landasan dalam pembentukan mental karakter serta akhlak agar bisa membangun kehidupan yang lebih mulia,” lanjutnya.

Roby menambahkan, selain meningkatkan hubungan dengan Allah dan hubungan antar sesama manusia. Kegiatan ini juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat Kecamatan Seri Kuala Lobam.

“Semoga apa yang kita laksanakan senantiasa mendapatkan ridho dari Allah SWT,” pungkasnya.

(Adv)