Moment Libur Bersama Hari Raya Nyepi, 87 Ribu Penumpang KA Jarak Jauh Berangkat Dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen Memenuhi Persyaratan Vaksin

Stasiun Gambir. (Foto: KAI)

MIMBARPUBLIK.COM, JAKARTA – Menjelang libur bersama pada momen hari besar keagamaan yang berlanjut dengan libur akhir pekan, keberangkatan penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen mengalami peningkatan.

Hingga pagi ini, secara total terdapat sekitar 87 ribu tiket yang telah terjual untuk keberangkatan pada momen libur bersama hari raya Nyepi. Dari jumlah tersebut 36 ribu merupakan tiket keberangkatan Stasiun Gambir dan 51 ribu tiket keberangkatan Stasiun Pasar senen.

Angka volume penumpang berangkat masih akan mengalami perubahan mengingat penjualan tiket masih berlangsung. Untuk tanggal 21 s.d 26 Maret 2023 setiap hari nya terdapat 58 hingga 60 KAJJ perhari yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta.

Sementara volume tertinggi penumpang berangkat sepanjang momen libur bersama terjadi pada Selasa (21/3) dengan layanan 58 KA yang beroperasi, terdata sekitar 26.758 penumpang telah melakukan perjalanan berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Selanjutnya Rabu (22/3) sebanyak 23.816 penumpang yang telah melakukan perjalanan.

Sedangkan pada hari ini Kamis (23/3) volume penumpang berangkat mulai mengalami penurunan dengan total sekitar 10.500 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen untuk berbagai kota tujuan.

Adapun sejumlah kota tujuan favorit yang dipilih penumpang diantaranya Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, solo, Tegal, Kutoarjo, Surabaya dan Malang, sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung.

Sementara terkait arus balik berdasarkan data Daop 1 Jakarta jumlah penumpang datang di akhir pekan mengalami peningkatan pada Minggu (26/03) dan Senin (27/03), pada tanggal tersebut sekitar 17 ribu pengguna akan tiba di area Daop 1 Jakarta.

KAI Daop 1 Jakarta juga mengingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa agar memperhatikan aturan Vaksin terbaru yang berlaku saat ini khususnya perubahan aturan pada usia anak 6 s.d 12 tahun dimana saat ini anak pada usia tersebut  yang belum di vaksin tetap dapat naik kereta api dengan syarat memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster.

Berikut aturan lengkap terkait Vaksin untuk penumpang KAJJ berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan :

  1. Usia 18 tahun ke atas:
    a) Wajib vaksin ketiga (booster)
    b) WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua
    b) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah
  2. Usia 6-12 tahun:
    a) Wajib vaksin kedua
    b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
    c) Tidak/belum divaksin harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu, atau harus didampingi oleh orang tua/orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (Vaksin 1, vaksin 2, dan booster 1) selama melakukan perjalanan. Dalam hal orang tua/orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksinasi lengkap karena alasan kesehatan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan sesuai dengan ketentuan protokol Kesehatan bagi pelaku perjalanan
  3. Usia 13-17 tahun:
    a) Wajib vaksin kedua
    b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
    c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah
  4. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga dihimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA nya.

Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI.

Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan KA Jarak Jauh masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.