Pemerintahan Desa Muntai Akan Gelar Festival Jong Tritis, Ayo Buruan Daftar

Festival Jong desa Muntai Kecamatan Bantan, Bengkalis. (Foto: Humas)

MIMBARPUBLIK.COM, BENGKALIS – Kabar gembira bagi para penggemar Jung Tritis (Sampan layar), dikarenakan Pemerintahan Desa Muntai, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis akan melaksanakan festival permainan tradisional tersebut. Hal itu disampaikan oleh Nurin Kepala Desa Muntai kepada media ini, Selasa (03/01/23).

“Jika tidak ada aral melintang, Festival Jung Tritis (sampan layar) akan digelar pada hari Sabtu dan Minggu 07-08 Januari 2023 di Pantai Kuala Muntai,” kata Nurin

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara, Arwin yang juga selaku Sekdes Desa Muntai, menjelaskan bahwa Festival ini digelar untuk melestarikan budaya dalam bidang olahraga tradisional di Dunia Melayu.

“Olahraga Jung atau sampan layar, meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat Melayu, meningkatkan pengenalan wisata dan meningkatkan potensi ekonomi,” ucapnya.

Kedepannya, ia berharap kegiatan tersebut akan berlanjut dan bisa dilaksanakan pada tahun-tahun yang akan datang

“Tentunya kami sebagai warga Melayu ingin sekali memiliki kegiatan festival lomba Jung ini bisa dilestarikan,” ujar sekdes.

Untuk informasi Festival Jong Tritis Desa Muntai kategori Jong panjang dengan satu tekong 2 buah Jong yang dilaksanakan pada tanggal 7-8 Januari 2023 di Pantai Kuala Desa Muntai dengan hadiah:
terbaik 1 uang Rp. 1.300.000 + Tropi + piagam,
Terbaik 2 uang Rp.1.000.000,- + Tropi + piagam.
terbaik 3 uang Rp. 750.000 + Tropi + piagam,
terbaik 4 uang Rp. 500.000 + Tropi + piagam,
terbaik 5 uang Rp. 400.000 + Tropi + piagam,
terbaik 6 uang Rp. 300.000 + Tropi + piagam

Pendaftaran dimulai tanggal 3-6 Januari 2023 dengan kontak person sdr. Arwin dan sdr. Kamil di Kantor Desa Muntai.
Peserta terbuka untuk umum.