Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Prodi ABI Polbeng Gelar Workshop

Ket foto Direktur Polbeng (tengah) Saat workshop pemuktahiran muatan RT kurikulum dg industri .foto by humas.

MIMBARPUBLIK.COM, BENGKALIS – Politeknik Negeri Bengkalis menyelenggarakan kegiatan Workshop Pemutakhiran Muatan Kurikulum MBKM dengan Industri. Program MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka) sendiri adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan sebagai bekal memasuki dunia kerja.

Workshop Pemutakhiran Muatan Kurikulum MBKM dengan Industri ini merupakan rangkaian Program Competitive Fund 2022 Prodi Administrasi Bisnis Internasional hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Furaya Pekanbaru pada tanggal 17-19 November 2022

Dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Bengkalis Johny Custer, ST., MT., dan dihadiri oleh beberapa perusahaan diantaranya Indonesia Marketing Association (IMA), Indonesian National Ownership Association (INSA) DPC Pekanbaru – Tanjung Buton, PT. Indah Kiat Pulp & Paper, PT. Pulau Laut Line, dan PT. Pegadaian Cabang Pekanbaru.

Dalam sambutannya, Johny Custer ST., MT, menyampaikan bahwa kegiatan penyusunan kurikulum Program Sarjana Terapan DIV Administrasi Bisnis Internasional yang dilakukan bersama-sama dengan para praktisi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan dan memenuhi kompetensi mahasiswa agar sesuai dengan apa yang dibutuhan industri. Dengan demikian apa yang kita lakukan dalam dunia kampus memang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh industry. “Jika konsumen menginginkan Mie Goreng, maka yang akan kita buat dan berikan bukan mie rebus atau mie yang lain, melainkan mie goreng dengan variasi dan tambahan rasa yang lezat”, ucap Direktur.

Sementara Ketua Prodi Administrasi Bisnis Internasional Wan Junita Raflah, Mec. Dev., menyampaikan bahwa Prodi Administrasi Bisnis Internasional secara Continue melakukan berbagai program link and match dengan dunia industry, diantaranya dengan memasukkan mata kuliah yang dibutuhkan oleh dunia industry kedalam kurikulum, Pelaksanaan Program Praktisi Mengajar dan melaksanakan program magang bagi mahasiswa di perusahaan-perusahaaan.

“Hal ini dilakukan sejalan dengan program MBKM yang dicanangkan Menteri Pendidikan Indonesia Bapak Nadiem Makarim agar para lulusan dapat terserap secara optimal oleh industri”, harap Wan.

Pada kesempatan tersebut para perwakilan perusahaan yang hadir juga memberikan banyak masukan mengenai kompetensi yang wajib dimiliki oleh para lulusan karena sangat penting dan dibutuhkan ketika berada di perusahaan. Sebagaimana disampaikan oleh Vera Farnilla ketua Indonesia Marketing Association (IMA) Pekanbaru yang menyebutkan bahwa tenaga kerja yang memiliki softskill, berintegritas dan disiplin akan menjadi modal penting untuk bekerja dengan baik, maju dan berkembang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua P3M Afridon ST., MT, Ketua P4MP Teguh Widodo S.Sos., M.SM., M.Rech dan ketua SPI Pardi, ST., MT, serta dosen dan tenaga PLP di lingkungan Prodi Sarjana Terapan Administrasi Bisnis Internasional Politeknik Negeri Bengkalis. Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan MOA (Memorandum of Agreement) mengenai kerjasama implementasi MBKM antara Program Studi Sarjana Terapan Administrasi Bisnis Internasional dengan Indonesia Marketing Association (IMA), Indonesian National Ownership Association (INSA) DPC Pekanbaru – Tanjung Buton, PT. Indah Kiat Pulp & Paper, PT. Pulau Laut Line, dan PT. Pegadaian Cabang Pekanbaru dengan disaksikan oleh para pimpinan Politeknik Negeri Bengkalis. (mad)