Bupati Surya Orang Pertama yang Didata Regsosek di Asahan

Ket Gambar: Bupati Surya mengawali pendataan Regsosek 2022 oleh BPS Kabupaten Asahan, Rabu, 19 Oktober 2022.(Sumber/Pemkab Asahan)

Mimbarpublik.com, Asahan – Bupati Asahan menerima kunjungan tim dari Badan Pusat Statistik Asahan di Ruang Kerjanya, Rabu, 19 Oktober 2022.

Kedatangan mereka bermaksud melaporkan kegiatan BPS dalam Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Asahan.

Kepala BPS Asahan Rika Ventina, menjelaskan bahwa Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri dari profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan.

Data itu akan menjembatani koordinasi dan berbagi pakai data lintas lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data yang konsisten karena terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

Bupati Asahan Surya didampingi Asisten Administrasi Pembangunan Muhilli Lubis, Kepala Dinas Sosial Asrul Wahid, Kadisduk Capil Rahmanto, Kepala Dinas Kominfo menyambut baik kedatangan rombongan BPS dan memberikan dukungannya dengan melakukan registrasi pertama yakni menyerahkan fotocopy berkas pribadi sebagai lampiran dari registrasi tersebut.

Bupati juga menyampaikan testimoni sebagai dukungan terhadap Pendataan Register Sosial Ekonomi yang dilaksanakan di Kabupaten Asahan mulai tanggal 15 Oktober 2022 sampai dengan 14 November 2022.

Usai melakukan registrasi dataBupati Asahan. Kepala BPS menjelaskan pada saat registrasi sosial ekonomi apa yg ditanyakan kepada bupati itulah yang akan ditanyakan juga kepada masyarakat.

“Jadi pertanyaan yang kami tanyakan ke Bupati nantinya akan kami tanyakan juga kepada masyarakat Kabupaten Asahan pada saat melakukan Regsosek”, ucapnya. (A.Sinaga)