Hari Ibu, Kolaborasi TP PKK DKI Jakarta-Perwatusi dalam Menjaga Kesehatan Keluarga

25
Acara Peringatan Hari Ibu ke-93 tahun 2021 diselenggarakan oleh Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi DKI Jakarta dan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi), pada Rabu 22 Desember 2021.
Acara Peringatan Hari Ibu ke-93 tahun 2021 diselenggarakan oleh Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi DKI Jakarta dan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi), pada Rabu 22 Desember 2021.

MIMBARPUBLIK.COM, JAKARTA – Acara Peringatan Hari Ibu ke-93 tahun 2021 diselenggarakan secara hybrid (off line dan on line) oleh Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi DKI Jakarta dan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi), pada Rabu 22 Desember 2021.

Ketua TP PKK DKI Jakarta, Fery Farhati mengatakan, Peringatan Hari Ibu ke-93 diharapkan dapat memicu dan memacu daya inovasi maupun produktivitas para kaum perempuan Jakarta, sehingga lebih aktif, kreatif dan produktif dalam mengisi berbagai peluang dalam membangun ekonomi keluarga, dengan tujuan untuk mewujudkan keluarga yang berdaya.

Menurut Fery, Hari Ibu merupakan satu di antara momen untuk bisa memberikan perhatian lebih kepada Ibu.

“Walaupun kita bisa mencurahkan rasa kasih sayang dan terima kasih setiap hari, namun momen Hari Ibu menjadi waktu yang pas untuk mengungkapkan betapa berjasanya Ibu dalam kehidupan kita,” kata Fery Farhati dalam sambutan Peringatan Hari Ibu, Rabu 22 Desember 2021.

Fery mengatakan, Ibu merupakan sosok perempuan yang tak kenal lelah dan dengan penuh rasa ikhlas, membimbing serta mengasihi, meski terkadang dilupakan.

“Ketika permasalahan datang silih berganti dan orang lain tidak peduli, maka sosok Ibu selalu berada di samping kita dan dijadikan tempat untuk berkeluh kesah, yang akhirnya membuat kita tetap kuat dan bisa bersemangat kembali,” ujarnya.

Seorang Ibu, kata Fery, tidak akan pernah meminta imbalan atas segala hal, baik yang telah beliau berikan secara fisik maupun segala hal yang sifatnya non fisik.

“Untuk itu, mari kita senantiasa bisa terus mengapresiasi dan mencurahkan rasa sayang secara khusus pada Hari Ibu ini, dengan cara memeriahkan dan memberikannya ucapan selamat pada Hari Ibu ini, yang tentunya penuh kesan mendalam,” tuturnya.

Di sisi lain, lanjut Fery, pada dasarnya kaum Ibu mempunyai potensi dan peran sangat strategis dalam membangun kehidupan keluarga yang sehat dan berketahanan.

“Untuk itu, menjadi tugas kita bersama untuk dapat terus menghormati dan menghargai Ibu, sebagai tanda balas budi baik kepada Ibu,” imbuhnya.

Pada era milenial ini, kata Fery, kehidupan yang umumnya memiliki sifat dinamis, optimistis, visioner dan semangat kerja tinggi, sehingga banyak yang cukup sibuk dan akan menjadi penghalang dalam membalas budi kepada Ibu.

“Harapan saya, kaum milenial harus tetap membawa ide-ide segar, pemikiran kreatif, inovatif dalam mengapresiasi jasa Ibu,” ucapnya.

Oleh karena itu, Fery berharap seluruh masyarakat Jakarta tidak berhenti-untuk terus membangun kasih sayang dan tetap peduli kepada Ibu.

“Jadilah anak yang senantiasa hormat, menghargai dan memuliakan Ibu. Kita semua menyadari, bahwa potensi dan peran Ibu menjadi salah satu kunci sukses dalam membangun kualitas dan ketahanan keluarga,” ajaknya.

Di kesempatan tersebut, Fery Farhati mengapresiasi dan berterima kasih kepada DPP, DPD, DPC Perwatusi, PMI DKI Jakarta dan seluruh CSR yang telah berkenan berkontribusi dalam penyelenggaraan acara peringatan Hari Ibu yang mengusung tema “Ibu adalah Cahaya dan Pilar Utama Penjaga Kesehatan Keluarga”.

Ketua Umum Perwatusi, Anita Hutagalung dalam acara tersebut menyampaikan, Peringatan Hari Ibu kali ini diharapkan menjadikan kaum Ibu lebih peka dan bangga atas peran yang dijalaninya.

“KIta ketahui, seorang Ibu adalah segalanya bagi keluarganya. Karena Ibu adalah Cahaya dan pilar utama tidak hanya kesehatan tetapi masa depan keluarga,” kata Anita.

Anita berharap, Peringatan Hari Ibu antara TP PKK DKI Jakarta dan Perwatusi kali ini menjadi sebuah momentum pentingnya kolaborasi untuk bersama di garis terdepan menjaga kesehatan keluarga.

Atas nama pribadi dan seluruh Pengurus Pusat dan Daerah Perwatusi, Anita menyampaikan terima kasih kepada Fery Farhati yang sudah mempercayakan Perwatusi kami sebagai rekan kerja untuk memperingati hari Ibu tahun 2021.

“Semoga langkah awal kolaborasi ini menjadi momentum agar kita di masa depan dapat terus bergandengan tangan menjadi kesehatan Badan dan Tulang seluruh kader dan pengurus PKK DKI khususnya dan seluruh masyarakat DKI Jakarta pada umumnya,” kata Anita.

Sementara, Ketua Panitia Peringatan Hari Ibu 2021, Yenny Nursanti menyampaikan, peringatan Hari Ibu kali ini disambut antusias segenap kader, pengurus dan warga DKI Jakarta. Dimana lebih dari 1000 peserta mendaftarkan diri secara online melalui website. 

Kemudian, lebih dari 40 peserta dari 5 wilayah dan 1 kabupaten mengirimkan video dengan tema “Kasih Ibu Sepanjang Masa”.

“Alhamdulillah sudah ditetapkan 12 video yang masuk ke babak final dan nanti akan kita umumkan pemenangnya,” ujar Yenny.

Selain itu, kolaborasi TP PKK DKI Jakarta dan Perwatusi bekerja sama dengan PMI juga melakukan kegiatan donor darah di 5 wilayah dan kabutan se DKI dan berhasil mendapatkan 624 kantong darah untuk penderita Thalasemia di DKI Jakarta.

“Kolaborasi ini juga berhasil menghimpun donasi sebesar Rp25 juta untuk membantu penderita Thalasemia dari keluarga kurang mampu di DKI Jakarta yang akan kita serahkan kepad Thalasemia Movement terdiri dari anak anak muda yang peduli akan pendertia Tahalasemia di jakarta dan seluruh Indonesia Untuk itu mohon Ibu Fery Farhati dan ketua Umum Perwatusi berkenan menyerahkan donasi,” kata Yenny.

Kolaborasi aktif antara TP DKI Jakarta dan Perwatusi semoga menjadi kegiatan produktif bersama antara organisasi nir laba Perwatusi dan TP PKK DKI dan juga Ibu Ibu PKK diseluruh Indonesia tambah ketua umum Perwatusi  Anita Hutagalung.

 HPN PEMPROV KEPRI Pemerintah Provinsi Kepri Connexer DPRD Lingga Pemerintah Kota Tanjung Pinang DPRD Batam