DPRD Batam Teken MoU dengan Uniba

Kampus Universitas Batam (Foto: Uniba)

MIMBARPUBLIK.COM, BATAM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam bekerjasama dengan Universitas Batam (Uniba) dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan DPRD Batam melalui pendidikan formal.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto dengan Rektor Uniba, Prof. Chabullah Wibisono, di Ruang Kerja Ketua DPRD Batam, Senin (15/11/2021) siang.

Bentuk kerjasama kali ini antara lain penyediaan akses bagi para anggota dewan, keluarga anggota dewan, kolega, dan karyawan di lingkungan DPRD Batam.

Pendidikan yang tersedia baik jenjang Strata 1 (S1), S2, maupun S3.

Sekarang bagi keluarga DPRD Batam yang ingin meneruskan pendidikan S1, S2, S3, bisa kami fasilitasi di Uniba,” ujar Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto.

Menurutnya, dengan perjanjian kerjasama ini akan ada beberapa kemudahan, dari segi biaya dan lamanya waktu pendidikan.

Untuk para anggota dewan yang hendak berkuliah, juga dapat dipersiapkan kelas khusus yang jadwalnya menyesuaikan agenda kerja DPRD Batam.

“Ini merupakan kewajiban DPRD Batam dalam mencerdaskan SDM agar dapat lebih meningkatkan kualitasnya serta pelayanan kepada masyarakat,” tegas Nuryanto.

Rektor Uniba, Prof. Chabullah Wibisono, juga menyampaikan pihaknya akan memfasilitasi layanan pendidikan bagi segenal elemen DPRD Batam. Sebagai kemudahan, akan dipersiapkan kelompok belajar khusus, serta potongan biaya untuk pendaftaran.

Menurutnya, akses pendidikan formal sangat penting untuk meningkatkan kapasitas diri, terutama bagi para anggota dewan. Dengan bertambahnya wawasan, maka pembahasan dan pengambilan keputusan di lingkup DPRD Kota Batam dapat tepat sasaran dan berbasis keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Di era globalisasi dan digitalisasi, kita harus menyesuaikan kapasitas keilmuan dengan perkembangan yang ada. Sebagaimana kita ketahui, sekarang masyarakat sudah semakin cerdas, maka wakil rakyatnya juga harus cerdas,” tambah Chabullah.

Seperti diketahui, Uniba kini telah memiliki beragam program studi pascasarjana seperti prodi Magister Manajemen, Magister Akuntansi, Magister Hukum, dan Magister Kenotariatan.

Di samping membahas kerjasama di bidang pendidikan tersebut, pihak Uniba juga merencanakan pelantikan bagi Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto sebagai Ketua Umum Alumni Uniba Batam periode tahun 2021-2025. Pelantikan ini rencananya akan digelar pada tanggal 20 November 2021 mendatang.

“Ketua DPRD kita ini salah satu alumni Uniba yang membanggakan. Beliau sudah lama menjadi ketua alumni, tetapi kami baru akan melantik tanggal 20 besok,” kata Chabullah.