Paskalibur Bersama Idul Fitri 1442 H Lantamal IV Laksanakan Rapid Test Antigen

Kadispen Lantamal IV Mayor Saul Jamlaay
Kadispen Lantamal IV Mayor Saul Jamlaay

MIMBARPUBLIK.COM, Tanjungpinang – Cegah penyebaran Covid-19 pascalibur bersama Idul Fitri 1442 H, segenap Prajurit dan PNS Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Lantamal IV) Tanjungpinang melaksanakan rapid test antigen usai apel pagi di Parkiran Kendaraan Mako Lantamal IV Jl. Yos Sudarso No.1 Batu Hitam Tanjungpinang Kepulauan Riau, Selasa pagi 18/5/2021.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Wadanlantamal IV Kolonel Marinir Andi Rahmat M, Para Pejabat Utama Lantamal IV, Para Kepala Dinas (Kasdis) dan Kepala Satuan Kerja (Kastaker) Lantamal IV.

Kepala Dinas Kesehatan Lantamal IV (Kadiskes Lantamal IV) Mayor Laut (K) Muji Wilestanto,SKM.,M.M., M.Tr.Opsla., disela sela kegiatan tersebut mengatakan “Rapid test antigen perlu dilakukan pasacalibur bersama Idul Fitri terhadap seluruh Prajurit dan PNS Lantamal IV, guna pencegahan dan deteksi dini terhadap penyebaran Covid -19 di Mako Lantamal IV,” tuturnya.

Kadiskes Lantamal IV juga mengatakan “Sampai dengan saat ini penyebaran Covid-19 semakin meningkat, maka perlu selain dilaksanakan rapid test antigen, juga disipilin menjalankan protokol kesehatan baik dilingkungan kerja dan dimasyarakat,” ujarnya.

Tujuan dari pada rapid test antigen adalah untuk mengidentifikasi ada atau tidaknya infeksi aktif virus corona melalui deteksi protein dari virus corona tersebut, apabila dari hasil tes tersebut kedapatan ada yang reaktif/positif maka akan ditindaklanjuti pemeriksaan swab Polymerase Chain Reaction (PCR)  yaitu metode uji medis yang bertujuan untuk mendeteksi DNA virus,” pungkas Kadiskes Lantamal IV.

Penulis : Juliansyah