Perempuan Tani HKTI Bintan Berpotensi Panen Raya Sayur-sayuran

Perempuan Tani HKTI Bintan saat panen sayur Kangkung. (Foto: Istimewa)

MIMBARPUBLIK.COM, Bintan – Perempuan Tani HKTI Kabupaten Bintan terus memperlihatkan hasil dari program penanaman sayur hingga panen, kegiatan ini mampu mendorong perekonomian apabila dilakukan secara masif, Selasa (23/3/2021).

“Panen Kangkung saat ini boleh dikatakan setiap bulan secara rutinitas dengan sayur yang berkualitas baik, melihat hasil dari yang dilakukan oleh perempuan tani Perumahan Telaga Surya Regency Kelurahan Bintan Utara Kecamatan Bintan Utara, saat ini Kabupaten Bintan saat ini sangat berpotensi, apabila dikelola secara sekala besar,” ujar Rani Kumala, Ketua Perempuan Tani HKTI Kabupaten Bintan.

Saat ini Rani sedang menyusun regulasi dan polanya, bagaimana Perempuan Tani HKTI lebih mampu meningkatkan daya tanam dan pemeliharaannya.

“Dibutuhkan lahan 10 hektar untuk disiapkan, wacana ini disusun dulu serapi mungkin, dan kita akan buat rumusan dan polanya,” ujarnya.

Rani juga mengungkapkan bahwa Perempuan Tani HKTI Bintan, harus lebih mandiri, dan ini juga adalah program Pemerintah Pusat yang diselaraskan dengan Daerah ketika semua bisa diyakini mampu berjalan, sehingga bisa menjadi pendapatan masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Bintan.

“Saat ini Kabupaten Bintan mengonsumsi sayuran dari luar daerah seperti dari Medan, Padang, dan Jawa, yang masuk dari Pulau Batam dan diangkut ke Bintan, dengan mengunakan kapal – kapal kecil dan lori,” sambung Rani.

“Sudah menjadi perhatian kita bersama bagaimana potensi darat Kabupaten Bintan saat ini kita lihat banyak lahan yang tidak berfungsi, terbiar tanpa ada kegiatan sehingga menjadi hutan, dan sering terbakar saat ini, bagaimana Pemerintah bisa melihat situasi ini lahan-lahan tersebut dikelola lebih dari pada azas manfaat, demi hajat hidup orang banyak,” ujar Rani.

Penulis: Juliansyah