BPOM: Vaksin Sinovac Bikin Kekebalan Hingga 23 Kali Lipat

Ilustrasi Vaksin Sinovac | Foto: Istimewa
Ilustrasi Vaksin Sinovac | Foto: Istimewa

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah dilaksankan sejak Rabu (13/1/2021). pada tahap pertama,kelompok prioritas diberi vaksin Corona buatan Sinovac termasuk orang nomor 1 di Indonesia Presiden Joko Widodo.

Hasil efikasi sementara vaksin Sinovac di Indonesia berada di kisaran 65,4 persen. Meski demikian Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan vaksin COVID-19 menimbulkan kekebalan atau imunogenitas terhadap virus Corona hingga 23 kali lipat.

“Berdasarkan rata-rata hasil uji klinik di Bandung, itu naik sampai 23 kali. Sehingga bisa melindungi kita,” kata Penny dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI secara daring, Kamis (14/1/2021).

Penny menyebut standar minimal vaksin akan meningkatkan kekebalan terhadap virus 4 kali lipat. Jika dilihat dari uji klinis fase 3 di Bandung, relawan yang tak lagi punya imunogenitas 4 kali lipat hanya berkurang 0,4 persen.

Lebih lanjut ia mengatakan BPOM akan mengecek secara berkala tingkat kekebalan orang yang divaksinasi. Ada kemungkinan tingkat kekebalan itu turun selama waktu berjalan.

“Kita tunggu sampai nanti Maret 6 bulan (pasca vaksinasi di Bandung), berapa persen. Kalau berdasarkan fase 1-2 di China masih 80 persen, jadi masih bagus, masih tinggi,” pungkasnya