Kepala Basarnas Berpesan Penyelam Prioritaskan Keselamatan Ketika Evakuasi Korban Sriwijaya Air

Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito
Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada relawan penyelam yang mengevakuasi korban Sriwijaya Air dari bawah laut.

Dalam inspeksi operasi SAR di kapal KN SAR Wisnu yang lego jangkar di lokasi jatuhnya Sriwijaya Air, di Kep. Seribu, Kepala Basarnas didampingi Deputi Operasi Brigjen Rasman, Kepala Kantor SAR Jakarta Hendra Sudirman dan Komandan Kompi BSG Charles Batlanjary, menyaksikan langsung bagaimana proses persiapan penyelaman dan penanganan jenazah korban di atas kapal.

Kepada Kepala Operasi relawan IDRT Bayu Wardoyo, Bagus tak sungkan mengucapkan terima kasihnya atas nama Basarnas.

“Saya apresiasi dengan sikap relawan saudara-saudara yang mau melakukan operasi kemanusian ini. Kami ucapkan terima kasih banyak, jangan lupa jaga keselamatan tim, ” ujarnya, Selasa (12/1/2021) siang.

Ada dua tim penyelam yang sudah empat hari terakhir melakukan evakuasi dan berpangkalan di KN SAR Wisnu, yakni Basarnas Special Group dan Indonesia Divers Rescue Team (IDRT).

Ditambahkan oleh Kepala Basarnas, tugas relawan memang menantang bahaya dan memompa adrenalin sehingga bisa membuat aktivitas penyelaman kurang waspada.

“Jaga diri, prioritaskan keselamatan ya,” ujarnya.