Sisa Satelit China Ditemukan Terdampar di Pantai Kumai Kalteng

Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Serpihan benda diduga sisa dinding pembungkus satelit  ditemukan di Perairan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng). Pada salah satu sisi serpihan, terdapat tulisan CNSA, yang diduga kepanjangan dari China National Space Administration.

“Benda yang ditemukan berbentuk setengah tabung dengan panjang kurang lebih sekitar delapan meter dan berdiameter sekitar lima meter. Bahan dari serpihan ditemukan adalah fiber, hanecom alumunium atau sejenis plat alumunium,” kata Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Hendra Rochmawan di Palangka Raya, Rabu (6/1). Dikutip dari Antara.

Hendra menuturkan, barang temuan pendukung lainnya berupa elektrik plak dengan kode YF 19-46TJa WFC, kode YF 19-46TJa WFC2, plak tanpa kode ada dua jenis, diduga elektrik selenoid kode BLS-300C 34-1 19C serta serpihan Hanicom dari alumunium, serpihan fiber itu bagian dari pesawat terbang.

Sebab, kata Hendra, ada logo atau lambang pada sisi luar benda berbentuk bintang dan berwarna kuning serta di sisi sebelahnya berlogo bintang seperti bekas terbakar dengan tulisan CNSA dikelilingi gambar padi.

Di lokasi terpisah dengan jarak kurang lebih sekitar 500 meter dari benda yang diduga bagian dari pesawat berupa pelampung dan wearpack dengan merek YUAN WANG HAI PANAMA.