Presiden Jokowi ‘Mencopot’ Enam Menteri

Menteri Kesehatan Terawan (kiri) dan Menteri Agama Fahcrul Rozy (tengah) | Foto : Ist
Menteri Kesehatan Terawan (kiri) dan Menteri Agama Fahcrul Rozy (tengah) | Foto : Ist

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Reshuffle membuat deg-degan para menteri yang sudah mendampingi Presiden Jokowi hampir setahun ini. Apalagi Senin (21//12/20) malam, Presiden dan Wapres Ma’ruf Amin melakukan pertemuan empat mata selama tiga jam di Istana. Tak ada yang tahu apa yang dibahas oleh kedua pemimpin negara itu. Namun Jubir Wapres, Masduki memastikan pembahasan menyangkut ‘isu strategis’.

Santer terdengar isi pembicaraan sekitar perombakan kabinet dan penggantian sejumlah menteri. Setidaknya, ada enam kursi menteri yang bakal diganti oleh Jokowi. Dua menteri yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Menteri Sosial, sudah tentu tujuan utama presiden setelah dua menterinya ditangkap KPK karena kasus suap.

“Mensos Risma, KKP Wahyu Sakti Trenggono,” kata seorang anggota DPR dari partai pemerintah ini membocorkan, Senin (22/12) malam.

Nama Risma memang sudah bocor sejak pekan lalu. Namun Wahyu belum terdengar, dia merupakan wakil menteri pertahanan.

Posisi selanjutnya yakni Menteri Agama, yang kabarnya bakal diisi oleh Yahya Cholil Stakuf. Berikutnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, disebut-sebut bakal diisi oleh Sandiaga Uno.

Menteri Kesehatan akan diemban oleh Budi G. Sadikin. Budi saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN.

Terakhir, Menteri Perdagangan, akan diisi oleh M Luthfi. Dia baru tiga bulan lalu dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi duta besar RI untuk Amerika Serikat.

Sementara PKB mengakui kabar akan ada enam pos menteri yang bakal kena reshuffle. Namun, Ketua DPP PKB, Faisol Riza menolah menyebut nama.

“Saya dengar ada 6 posisi (reshuffle),” ujar Faisol Riza saat dikonfirmasi, Senin (21/12).

Penulis : Tata