Ketika Geng Mahaka Group Masuk Kabinetnya Presiden Jokowi

Erick Thohir, Sandiaga Uno, M Lutfhi | Foto : Ist
Erick Thohir, Sandiaga Uno, M Lutfhi | Foto : Ist

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Presiden Jokowi telah mengumumkan enam menteri baru, setelah mencopot empat menteri yang kinerjanya kurang memuaskan dan dua menteri ditangkap KPK. Dari enam menteri baru itu, dua orang adalah Sandiaga Salahudin Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) dan M Luthfi (Menteri Perdagangan).

Kedua menteri yang berlatar belakang keluarga tajir itu, semuanya bersekolah di Purdue University, Indiana, Amerika Serikat. Malah mereka juga berteman akrab dengan Erick Thohir (Menteri BUMN) yang setelah kembali ke Indonesia, membangun grup usaha di bawah bendera Mahaka Group bersama dengan Erick Thohir, Wishnu Wardhana, dan Harry Zulnardy.

Mahaka Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, keuangan, dan media. Di perusahaan tersebut Lutfi menjabat sebagai Presiden Direktur dan CEO.

Tak heran, begitu Sandiaga Uno diumumkan menjadi menteri Erick Thohir langsung memberikan ucapan selamat melalui Instagram pribadinya @erickthohir. Bahkan dibarengi dengan foto mereka bertiga ketika masih menjadi mahasiswa di AS.

“Kayaknya asik nih recreate foto ini bareng Bang @sandiuno dan Mas Lutfi? Dulu nongkrong bareng, berkarya bareng, sekarang bareng-bareng membantu Pak @jokowi,” tulis Erick.

Geng Mahaka Group sudah berada di cabinet, tentu dengan visi Presiden Jokowi yang antikorupsi mereka diharapkan akan menjadi partner bekerja yang saling mendukung. Bukan partner in crime.

Penulis : Hendrata Yudha