Deepspot Kolam Selam Terdalam di Dunia Mulai Beroperasi

ilustrasi Deepspot | Foto: istimewa

MIMBARPUBLIK.COM, Polandia – Kolam selam sedalam 45,5 meter dengan gua-gua bawah air buatan dan reruntuhan Maya, struktur terdalam di dunia, dibuka di dekat Warsawa akhir pekan ini. Kompleks bangunan bernama Deepspot, bahkan memiliki bangkai kapal kecil untuk dijelajahi oleh penyelam. Saking dalamnya, volume airnya mencapai 8.000 meter kubik air – lebih dari 20 kali jumlah air di kolam mini olimpik.

“Tidak seperti kolam renang biasa, Deepspot dapat dibuka meskipun ada pembatasan COVID-19 di Polandia karena ini adalah pusat pelatihan yang menawarkan kursus. Sebuah hotel dengan kamar di mana para tamu dapat menyaksikan penyelam di kedalaman 5m juga Itu adalah kolam terdalam di dunia,” kata Direktur Deepspot Michal Braszczynski, Minggu (22/11/20) kepada AFP.

Rekor Kolam selam dunia sebelumnya, berada di Montegrotto Terme, Italia dengan kedalaman 42m. Kolam Blue Abyss yang direncanakan dibuka di Inggris pada tahun 2021 akan memiliki kedalaman 50m. Kolam selam terdalam di Asia Pasifik terdapat di komplek Kopassus Cijantung, Jakarta Timur, sedalam 16 m.

“Tidak ada ikan atau terumbu karang, jadi ini bukan pengganti laut, tetapi ini pasti tempat yang bagus untuk belajar dan berlatih agar bisa menyelam dengan aman di perairan terbuka, “kata Przemyslaw Kacprzak, seorang instruktur selam.

Sekitar belasan pelanggan datang pada hari pertama, termasuk delapan penyelam berpengalaman yang berharap bisa lulus ujian menjadi instruktur.

“Untuk pertama kalinya, kami turun sejauh 5m tetapi Anda dapat melihat sampai ke dasar – bangkai kapal, gua – sungguh luar biasa!”, ujarnya.

Kolam itu dibangun menghabiskan biaya sekitar 40 juta zloty (US $ 10,6 juta).

Penulis: Tata