Syamsul Bahrum Ingin Wujudkan Batam Sebagai Sentra Olahraga Dirgantara

Syamsul Bahrum Ingin Wujudkan Batam Sebagai Sentra Olahraga Dirgantara | Foto: Non

MIMBARPUBLIK.COM, Batam – Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam Syamsul Bahrum PhD berdiskusi dengan pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), melalui Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Dr. Raden Isnanta, M.Si serta Asdep Olahraga Rekreasi kemenpora RI Drs. Maifrizon, M.Si, Sabtu (21/11/2020).

“Kami sempat diksusi, kita (Batam) memohon dukungan menjadikan Batam salah satu sentra olahraga dirgantara,” ucap Syamsul.

Ia mengatakan, selama ini Batam dikenal dengan daerah yang identik dengan aqua tourism (wisata laut). Melalui diskusi ini, ia berharap Batam juga dikenal sebagai daerah yang memiliki aero tourism.

“Dengan demikian, supaya destinasi, objek dan even di Batam semakin komphrensif dan holistik dengan memanfaatkan potensi alam yang ada,” imbuh dia.

Syamsul mengatakan, baru-baru ini ujicoba parasailing digelar di Batam, tepatnya di Bukit Gendang Rempang dan berjalan sukses. Juga persiapan kawasan di TWA Mukakuning sebagai salah satu tempat aerosport seperti drone dan olahraga dirgantara lainnya. Bahkan, assisten KSAU di bidang potensi olahraga digantara sudah pernah ke Batam.

“Mudah-mudahan covid tahun depan mereda, dan kita sudah persiapkan ini semua. Rencananya akan digelar Pelangi Nusantara di Batam yang diinisiasi TNI AU. Kita harap aero sport jadi budaya olahraga baru di Kepri, tidak hanya cinta laut, namun juga mendapat adventure baru,” imbuhnya.

Sebelumnya, Syamsul Bahrum menyambut baik rencana Pelangi Nusantara digelar di Batam. Menurutnya, kegiatan ini akan mendongkrak pariwisata Batam.

“Kami mendukung penuh rencana tersebut,” ucap Syamsul (12/11/2020).

Even ini merupakan kegiatan yang meliputi olahraga dirgantara, dengan demikian dinilai sangat mendukung dunia pariwisata di Batam. Hanya saja, perlu persiapan matang seperti lokasi pelaksanaan karena event tersebut butuh lokasi yang sesuai dengan olahraga dirgantara.

“Saya harap mulai dipersiapkan agar even ini bisa dilaksanakan di Batam,” imbuhnya.

Penulis: Noni