Menkominfo: 46 BTS Belum Berfungsi Pascabanjir Jabodetabek

Menkominfo: 46 BTS Belum Berfungsi Pascabanjir Jabodetabek
Menkominfo: 46 BTS Belum Berfungsi Pascabanjir Jabodetabek

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Sejumlah site seluler mengalami gangguan karena pemutusan aliran listrik PLN saat banjir melanda wilayah Jabodetabek pada 1 Januari 2020.

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan, 10,7 persen dari 22.867 BTS di Jabodetabek tidak berfungsi karena pemadaman listrik demi keamanan dan keselamatan saat banjir.

Dalam update-nya per Selasa, 7 Januari 2019, Menkominfo Johnny memaparkan bahwa 99,8 persen BTS telah berfungsi normal. Dengan begitu, akses komunikasi kembali dapat digunakan masyarakat.

“Saya mendapat laporan, BTS yang sudah berfungsi itu sebanyak 99,8 persen. Yang belum berfungsi tinggal 0,2 persen atau 46 BTS dari 22.867 yang ada (di Jabodetabek),” kata Johnny, dalam keterangan Kemkominfo yang dikutip Rabu (8/1/2019).

Dalam keterangan disebutkan, secara keseluruhan sebenarnya masyarakat masih bisa memakai layanan seluler untuk berkomunikasi meski beberapa site mati.

Namun, karena site tersebut memiliki power backup dan operator mengerahkan mobile backup power dan genset portable, BTS masih tetap bisa memancarkan transmisi.

Sementara, site yang down dikover oleh site di sekitarnya.

Berdasarkan keterangan gambar, BTS yang masih down terdapat di wilayah Kabupaten Bogor, Depok, Kota Bogor, wilayah Kota Jakarta, hingga Tangerang. 

(Tin/Isk)

Sumber : liputan6.com