Imigrasi Kelas I TPI Batam Jalin Silaturahmi dengan DPRD Batam

Kepala Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Samoel Toba, bersama Ketua DPRD Kota Batam dan jajaran. (Foto/ist)

MIMBARPUBLIK.COM, Batam – Kepala Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Samoel Toba, beserta jajaran, mengadakan kunjungan sekaligus silaturahmi dengan Pimpinan DPRD Kota Batam. Pertemuan berlangsung di Ruang Kerja Ketua DPRD Kota Batam pada hari Senin, 4 Desember 2023.

Samoel Toba, yang didampingi oleh Kabid Inteldakim, Kabid Dokumen Perjalanan izin Tinggal, Kabid Teknologi Informasi, dan Komunikasi Keimigrasian, yaitu Riki, Ritus, dan Jimmy, menyampaikan tujuan kehadiran mereka.

Menurut Samoel, kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan jabatan dan tugas Imigrasi Kelas I TPI Batam kepada Pimpinan DPRD Kota Batam.

“Sangat luar biasa, sambutan dan masukan yang diberikan Pimpinan DPRD Kota Batam terkait Pengawasan dan keberadaan Warga Negara Asing di Batam,” ujar Samoel Toba.

Baca juga: Pemko Batam dan BEI Kepri Tingkatkan Literasi Finansial UMKM Lewat Sekolah Pasar Modal

Dalam kesempatan tersebut, Ka. Kanim Batam menegaskan bahwa ke depannya, Imigrasi dan DPRD Kota Batam akan bekerja sama dalam pengawasan dan pemantauan terkait Warga Negara Asing (WNA).

“Kedepannya Imigrasi bersama DPRD Kota Batam akan bersama-sama melakukan pengawasan serta pemantauan terkait WNA,” tambah Ka. Kanim Batam.

Nuryanto, Ketua DPRD Kota Batam, menyambut baik kunjungan dan silaturahmi dari Kepala Imigrasi Kelas I TPI Batam. Ia berharap agar kerjasama antara Imigrasi dan DPRD dapat terus ditingkatkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, Nuryanto juga mengingatkan pentingnya peran masyarakat dalam memberikan informasi tentang keberadaan Warga Negara Asing di sekitar tempat tinggal mereka.

“Pelayanan yang dilakukan Imigrasi sudah baik, kedepan diharapkan lebih baik lagi. Keberadaan warga asing ataupun pekerja asing di Kota Batam saat ini telah memberikan PAD sebesar Rp. 36 Miliar Tahun 2023,” ungkap Nuryanto.

Baca juga: Sudah 5 Hari Warga Lubuk Baja Batam dan Bengkong Tak Dapat Pasokan Air Bersih

Muhammad Yunus Muda, Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, juga turut hadir dan menyatakan pengakuan terhadap kerja sama yang baik antara pihaknya dengan Imigrasi Batam. Ia menambahkan bahwa Imigrasi Batam diharapkan dapat memberikan dukungan, terutama dalam hal pembuatan dokumen keimigrasian mendadak atau untuk keperluan kesehatan di luar negeri.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Pimpinan DPRD Kota Batam lainnya, yaitu Wakil Ketua I, H. Muhammad Kamaluddin, dan Muhammad Yunus Muda, yang menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan kerja sama antara Imigrasi dan DPRD dalam menjaga ketertiban dan pelayanan kepada masyarakat Kota Batam.