Gelar Dialog, Datangkan Pengacara Kondang Kamaruddin Simanjuntak BKAG Batam Gelar Mubes ke-8

Panitia Mubes BKAG Batam foto bersama.

MIMBARPUBLIK.COM, Batam – Badan Kerjasama Antar Gereja atau disingkat BKAG Kota Batam akan menggelar dua agenda besar di tanggal 7 dan 8 Agustus mendatang. Dua agenda besar yang dimaksud adalah, di tanggal 7 akan digelar dialog di Best Western Panbil, dengan mengusung tema “Gereja Politik dan Hukum”.

Pada dialog nanti, BKAG Kota Batam akan menghadirikan beberapa pembicara salah satunya pengacara ternama di Indonesia Kamaruddin Simanjuntak, ada juga dari kalangan politisi yakni Mayjen Sturman Panjaitan. Sedangkan di tanggal 8 Agustus, akan digelar Mubes ke-8 BKAG Kota Batam, dengan menghadirkan dialog, pemilihan ketua, sekaligus pendataan anggota.

Saat ini peserta yang sudah mendafftar di BKAG Kota Batam ada sebanyak 580 pendeta, dan juga calon yang muncul di pemilihan Ketua BKAG Kota Batam ada 4 kandidat yakni Pendeta (Pdt) Haposan Sianturi, Pdt Presley Sihombing, Pdt Peringatan Zebua, dan Pdt Evert Mokosule.

Menurut Ketua Panitia Pdt Elinson Sihaloho dan juga Pdt Dr. Surya Wijaya, di dalam Mubes nantinya juga akan ada pengesahan AD/ART penyusunan program kerja per periodik, dilanjutkan pemilihan ketua BKAG Kota Batam.

“Nanti juga akan disampaikan sikap BKAG Kota Batam terhadap Pileg maupun Pilkada, tentu itu menjadi sikap BKAG Kota Batam sebagai badan koordinasi gereja, agar tetap menjaga kestabilan kekondusifitasan pemilihan yang akan segera kita laksanakan pada 14 Februari mendatang,” ujar Pdt Elinson dan juga Pdt Surya Wijaya.

BKAG, lanjutnya, akan tetap berdoa dan menyampaikan kepada umatnya, supaya pemilihan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan, nantinya menjadi baik dan terpilih calon legislatif yang takut akan Tuhan, yang memikirkan bangsa dan negara, yang jujur.

“Itu harapan kita nanti akan kami sampaikan. Anggota BKAG Kota Batam sendiri, pada umumnya dari pendeta, tapi, pendeta itu yang membawahi satu gereja lokal di Kota Batam. Secara pengurus juga ada di situ antar lembaga, dan juga pengurusnya banyak dari kaum awam,” terangnya.

Sementara, Ketua Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Kota Batam, Pdt.  Dr. Surya Wijaya, M.Th menegaskan, pihaknya berharap dengan Mubes ke-8 BKAG Kota Batam, BKAG Kota Batam akan mampu bermitra dengan Pemko Batam dalam mewujudkan kesejahteraan umat Kristiani di Batam , dan peningkatan hubungan antar gereja yang ada di Batam, sehingga gereja dapat berperan dalam kehidupan moderasi beragama di Kota Batam.