BAZNAS Bengkalis Mendapat Pujian dari Bupati terkait Perkembangan Baznas

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Bengkalis, Andris Wasono saat hadiri kegiatan Bimtek Baznas Bengkalis.foto Muhammad syukur/mibarpublik.com

Mimbarpublik.com – Bengkalis – Bupati Bengkalis, Kasmarni memuji Baznas Bengkalis yang mengalami perkembangan cukup signifikan, dan berharap, kedepan, kinerja Baznas terus membaik dan berprestasi.

“Melalui berbagai terobosan dan inovasi yang dilakukan agar potensi pengumpulan zakat, infaq dan sedekah yang ada di negeri junjungan ini bisa dioptimalkan,” ujar Bupati Bengkalis dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Bengkalis, Andris Wasono saat Bimtek Peningkatan Kompetensi Amil Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid dan Musala Kecamatan Bengkalis dan Bantan.

Bimtek ini diikuti 188 orang yang terdiri dari 64 UPZ Masjid dan 30 UPZ musala, yang mengusung tema ‘Mewujudkan Amil Kompeten dan Profesional’. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Selasa (7/3/2023).

“Alhamdulillah, kami melihat Baznas kabupaten bengkalis, terus mengalami perkembangan yang cukup baik dan signifikan dari tahun ketahun,” ungkap Bupati.

Bupati berharap, kedepan, kinerja Baznas terus membaik dan berprestasi, melalui berbagai terobosan dan inovasi yang dilakukan agar potensi pengumpulan zakat, infaq dan sedekah yang ada di Negeri Junjungan ini bisa dioptimalkan.

Menurut Bupati, besarnya potensi zakat tidak akan tercover sendiri oleh Komisioner Baznas yang personelnya cukup terbatas.

Karena itu diperlukan dukungan penuh dari para Amil yang berada di UPZ baik di kecamatan, desa, kelurahan, sekolah, masjid, musala, perusahaan dan tempat-tempat lainnya, sesuai peran dan fungsinya.

“Keberadaan bapak dan ibu sebagai pengurus UPZ masjid dan musala perlu ditingkatkan kompetensinya melalui Bimtek seperti ini, agar pengurus UPZ masjid dan musala memiliki kemampuan lebih dalam mengumpulkan zakat, infaq dan sedekah. Sehingga upaya pengentasan berbagai problematika kemiskinan dan kesenjangan sosial dapat dilakukan secara sistematis,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyaluran zakat bidang kesehatan dan bidang ekonomi dan diterima langsung oleh empat penerima. Sebelum Bimtek dimulai, terlebih dahulu dilakukan pengukuhan Amil UPZ Masjid dan Mushala Kecamatan Bantan dan Bengkalis.