Bengkalis Sabet Dua Penghargaan Anugerah Pariwisata Riau 2023

Ket foto Kepala Disparbudpora Bengkalis Edi Sakura usai menerima dua penghargaan,foto by humas

Mimbarpublik.com, Pekanbaru – Pemerintah Kabupaten Bengkalis kembali torehkan berprestasi. Kali ini Pemkab Bengkalis melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbdupora) mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi Riau.

Tidak tanggung-tanggung Disparbudpora Bengkalis menyabet dua penghargaan sekaligus, yaitu kategori Festival Pariwisata Terpopuler Culture Paradise Rupat Festival Bengkalis dan kategori Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota Terpopuler.

Atas keberhasilan tersebut, Bupati Kasmarni melalui Kepala Disparbudpora, Edi Sakura menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah bersinergi dalam memajukan dunia pariwisata di Negeri Junjungan.

“Disparbudpora berkomitmen untuk terus mendorong dan siap menfasilitasi ide-ide kreatif masyarakat dalam upaya pengembangan potensi pariwisata kreatif di daerah sehingga membuka peluang lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat nantinya,” ucap Edi.

Saat ini, Disparbudpora berkomitmen untuk menjadikan pariwisata di Bengkalis, menjadi destinasi wisata populer baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Insya Allah kedepan, saya dan teman-teman di Disparbudpora, berkomitmen untuk memajukan pariwisata yang ada di Bengkalis, agar kedepan, Kabupaten Bengkalis bisa menjadi destinasi tujuan pariwisata, yang bergengsi baik ditingkat nasional maupun internasional, mohon doa dan dukungannya,” harap Edi.

Ajang yang digelar Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau ini dihadiri Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno secara daring, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Kepala Dispar Riau Roni Rakhmat, Bupati Bengkalis diwakili Kepala Disparbudpora Edi Sakura serta sejumlah pejabat lainnya, bertempat di ball room Hotel Grand Central, Pekanbaru, Riau, pada Selasa 31 Januari 2023 malam.

Sebanyak delapan kategori dilombakan dalam perhelatan promosi ini yang melibatkan peserta dari 12 kabupaten/kota di Riau. Yakni kategori Makanan Tradisional Terpopuler, Minuman Tradisional Terpopuler, Promosi Pariwisata Digital Terpopuler, dan Cinderamata Terpopuler.

Selanjutnya, ada pula kategori Atraksi Budaya Terpopuler, Festival Pariwisata Terpopuler, Lokawisata atau Destinasi Baru Terpopuler, dan Dinas Pariwisata Kabupaten/kota Terpopuler.

Adapun peraih Anugerah Pariwisata Riau 2023 untuk kategori Makanan Terpopuler yaitu Makauhe tumpah dari Kepulauan Meranti. Kemudian, kategori Minuman Terpopuler adalah Kopi Caghonti dari Kuantan Singingi.

Lalu, pada kategori Promosi Pariwisata Digital Terpopuler adalah, instagram @pesonasiak. Untuk kategori Cinderamata Terpopuler yakni tas dan kerajinan lidi sawit Rohul.

Kemudian, kategori Atraksi Budaya Terpopuler yaitu Calempong Oguong dari Kampar. Selanjutnya, kategori Destinasi Wisata Baru Terpopuler adalah Air terjun Selanca Rohul.

Sementara dua kategori lainnya yakni Festival Pariwisata terpopuler dan kategori Dinas Pariwisata kabupaten/kota terpopuler berhasil di raih Kabupaten Bengkalis.(mad)