Prodi Administrasi Bisnis Internasional Polbeng Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Penyelia Ekspor

Ket foto kegiatan pelatihan ekspor oleh ketua Prodi Sarjana Terapan Adm Wan Junita Raflah,M.Ec.Dev.foto humas

Mimbarpublik.com – Bengkalis – Program Studi Sarjana Terapan Administrasi Bisnis Internasional Politeknik Negeri Bengkalis menyelenggarakan kegiatan pelatihan di bidang ekspor impor. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Program Competitive Fund Kemendikbudristek Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Vokasi (Ditjen Diksi) Tahun 2022. Bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi, kegiatan ini diselenggarakan di TUK Politeknik LP3I Pekanbaru pada tanggal 23 s.d 28 Oktober 2022.

Kegiatan pelatihan ekspor dibuka langsung oleh Ketua Prodi Sarjana Terapan Administrasi Bisnis Internasional Wan Junita Raflah, M.Ec.Dev. Dalam sambutannya beliau berharap dengan diadakannya pelatihan ini dapat memotivasi dan meningkatkan kompetensi dosen dibidang Ekspor Impor.

Selanjutnya Ketua Penyelenggara Pelatihan Bapak Zainal dari LSP menambahkan bahwa program pelatihan dan sertifikasi ini tidak hanya meningkatkan kompetensi dosen namun juga menjadi bekal dan memberikan peluang kepada para Dosen untuk dapat menjadi Ahli Kepabeanan.

Kegiatan pelatihan ekspor dihadiri oleh 10 dosen dan 1 PLP Jurusan Adm. Niaga Politeknik Negeri Bengkalis. Beberapa materi yang didapat oleh peserta diantaranya meliputi: Tahapan/ Prosedur ekspor, Dokumen Ekspor, Electronic Data Interchange (EDI): NSW/ASW, Kerjasama Internasional Ekspor Impor (WTO/WCO/GATT), Incoterms, Cara Pembayaran, Terms of Delivery, Kalkulasi Ekspor (Sales contract, invoice, packing list, PEB), Klasifikasi barang ekspor (barang dilarang, diawasi, diatur tata niaganya, produk unggulan, produk bebas), dan proses Perizinan eskpor. Sejumlah materi tersebut disampaikan oleh fasilitator pengajar yaitu Bapak Muhammad Iqbal dari LSP.

Melalui kegiatan ini para dosen diharapkan dapat memperoleh manfaat seperti pemahaman terkait bisnis ekspor secara lebih mendalam. Hal lain yang tidak kalah pentingnya yaitu peserta mendapat informasi penting terkait potensi komoditas ekspor atau infromasi produk-produk yang saat ini sangat tinggi permintaannya oleh pasar internasional serta besarnya peluang kerja/profesi/praktisi dibidang ekspor impor.

Sehingga diharapkan hal ini dapat disambut dengan baik oleh alumni maupun mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Administrasi Bisnis Internasional kedepan. (Ky)