Tingkatkan Sektor Ketahanan Pangan, Bupati Bintan akan Perjuangkan Anggaran Daerah, Provinsi sampai Pusat

6
Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan bantuan produk pertanian, Kamis (6/10). Foto: Diskominfo

MIMBARPUBLIK.COM, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan terus menunjukkan komitmennya di sektor ketahanan pangan dengan berbagai program dan kebijakan yang sifatnya membina maupun mengeksekusi langsung. Bupati Bintan Roby Kurniawan bahkan menyatakan segala upaya sumber pembiayaan dilakukan secara maksimal, baik itu bersumber dari APBD Bintan sendiri, APBD Provinsi Kepri maupun APBN melalui Kementerian terkait.

Hal itu disampaikan Roby saat menyerahkan bantuan sarana produksi pertanian yang disejalankan dengan Gelar Pangan Murah dan Pemberian Sayuran Gratis, Kamis (06/10) di Halaman Gedung Nasional Tanjung Uban. Bersama Ketua TP PKK Bintan Hafizha Rahmadhani, keduanya sempat berkeliling di beberapa stand pangan untuk berdialog langsung dengan petani lokal.

“Hari ini kita serahkan beberapa bantuan, kita juga diskusi ringan dengan beberapa petani lokal termasuk pedagang sayuran. Prinsipnya kita ingin tau apa langkah yang tepat dan apa yang harus dilakukan” papar Roby saat ditanyai di sela kunjungannya berkeliling stand.

Disebutkan juga bahwa gerakan maksimal pengembangan produksi pertanian ini sebagai salah satu langkah peningkatan produksi pangan yang juga diharapkan mampu menekan laju inflasi ke depannya. Hal yang saat ini tengah menjadi PR penting bagi Kepala Daerah melalui amanat Presiden RI.

“Salah satu harapan kita juga agar inflasi terkendali dan harga-harga bahan pokok semua berada dalak kategori terjangkau” pungkas Roby.

Diketahui bahwa dalam kegiatan ini Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menyerahkan beberapa bantuan pada Kelompok Tani, diantaranya :

  1. Bantuan kendaraan Pick Up (1 unit)
  2. Donasi sayuran gratis (400 paket)
  3. Bantuan saprodi berupa mesin air, selang, tiang buah naga, aneka bibit dan polybag (1 paket)
  4. Bantuan dolomit (10 ton)
  5. Bantuan ternak sapi Bali (3 ekor)
  6. Bantuan pupuk urea, TSP dan KCI (7,3 ton)
Pemerintah Provinsi Kepri