Hari Ini Menko Polhukam Beserta Kementrian Gelar Rakor Tragedi Kanjuruhan

Mahfud MD menkonpolhukam fot istimewa.

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Menko Polhukam Mahfud Md mengungkap keseriusan pemerintah mengusut tragedi Kanjuruhan yang menimbulkan ratusan suporter sepak bola meninggal dunia. Mahfud beserta kementerian lainnya akan menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait tragedi tersebut hari ini.

Mahfud menuturkan rakor akan digelar di kantornya Senin (3/10) pagi. Sejumlah kementerian/lembaga diundang untuk hadir mulai dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali hingga pihak KONI.

“Untuk itu besok (hari ini -red) saya mengundang rapat koordinasi bersama Menko PMK, Kesehatan, Menpora, Mendagri, Mensos, Panglima, Kapolri, KONI, PSSI saya undang ke kantor saya untuk membicarakan hal-hal tersebut,” kata Mahfud dalam siaran pers yang disampikan melalui YouTube Kemenko Polhukam, Minggu (2/10/2022) malam.

Mahfud mengatakan pemerintah bersungguh-sungguh menindaklanjuti tragedi tersebut. Ia mengatakan pemerintah akan segera melaksanakan arahan Presiden Jokowi terkait tragedi tersebut.

Baca juga:
Ada Gas Air Mata di Kanjuruhan Padahal Dilarang FIFA, Ini Repsons Polri
“Pemerintah bersungguh-sungguh untuk menindaklanjuti, merehabilitasi, dan menyelesaikan masalah yang timbul akibat tragedi Kanjuruhan dalam pertandingan sepak bolah Liga di Malang. Bahkan presiden setelah tadi menyampaikan instruksi langsung kepada masyarakat Indonesia, langsung juga meminta saya untuk segera secepatnya tidak boleh lebih dari 24 jam ke depan untuk mengadakan rakor lintas kementerian dan lembaga serta organisasi terkait untuk mengambil langkah-langkah,” kata Mahfud.

Mahfud membeberkan apa saja yang nantinya akan dibahas dalam rakor tersebut. Mulai dari melakukan penelitian ada tidaknya pelanggaran hukum hingga melakukan rehabilitasi dan penyantunan serta perbaikan pengelolaan dunia sepakbola ke depan.

“Satu, melakukan penelitian jika ada pelanggaran hukum atau tindak pidana di dalam peristiwa ini. Kedua melakukan rehabilitasi dan penyantunan terhadap korban dan keluarga korban yang sekarang sedang dalam perawatan maupun yang sedang dalam perawatan maupun yang dikuburkan karena meninggal. Kemudian diminta untuk mengantisipasi pengelolaan dunia sepakbola Liga Indonesia ke depan agar lebih tertib dan lebih beradab dan tidak memberi image jelek di dunia internasional,” ujarnya.

Lebih lanjut Mahfud mengungkapkan Presiden Jokowi ingin agar diselesaikan dan ditangani dengan cepat. Mahfud menyebut pemerintah akan menindak pihak-pihak yang melanggar hukum terkait tragedi tersebut.

“Dan presiden minta agar langkah secepatnya diambil. Sehingga secepat kita rapat, secepat langkah-langkah untuk melaksanakan keputusan rapat untuk tujuan perbaikan dunia persepakbolaan ke depan dan meneliti jika ada tindakan hukum, planggaran hukum, sabotase dengan peristiwa itu. Diteliti dan ditindak dengan tepat sesuai aturan hukum, siapapun yang sengaja maupun siapapun yang lalai dalam terjadinya peristiwa ini.

Sebelumnya, Menko PMK, Muhadjir Effendy menyebut total korban tragedi Kanjuruhan, Malang mencapai 448 orang, dengan rincian 302 luka ringan, 21 luka berat dan 125 tewas.
Sumber: detik.com