Puluhan Mahasiswa Doktoral Mendapat Pembekalan Teknik dan Sistematika Penulisan Disertasi di Asia E University

Tiga belas mahasiswa program doktoral asal Indonesia menghadiri kuliah tatap muka pertama di Kampus Asia E University, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (29/Juni/2022). Foto: Tata

MIMBARPUBLIK.COM, KUALA LUMPUR – Tiga belas mahasiswa program doktoral asal Indonesia menghadiri kuliah tatap muka pertama di Kampus Asia E University, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (29/Juni/2022).

Rombongan mahasiswa doktoral itu dibimbing oleh DR. Tulus Suryanto, Adjunct Professor Asia E University yang juga Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Islam Raden Inten Lampung.

Dalam sesi pra konferensi ini, mereka bertemu dengan Deputy Vice Chancellor &
Dean School of SAHUSS Prof. Dr. Juhary Ali, Dean of SOM Prof.Dr. Noor Raihan, dan Prof.Dr. Nurzaidi Haji Mohd Daud, UiTM

Di sesi pertama yang berlangsung pagi hari, Prof. Dr. Nurzaidi Haj Mohd Daud membedah teknik penulisan disertasi dan bagaimana sistematika berpikir yang logis. Apa yang disampaikan menarik dengan kalimat lugas.

“Sistematika ini penting untuk melihat alur berpikir mahasiswa, karena program doktoral itu harus lebih dalam dan jelas cara berpikir dan penulisan makalahnya,” kata Dr.Nurzaidi.

Sebagai penguji disertasi, ia memberikan tips bagaimana mahasiswa bisa membedakan disiplin ilmu, area of interest dan subject of matter.

Setelah perkuliahan ini, para mahasiswa doktoral itu akan melanjutkan kolegium kedua dan seminar internasional.

Prof Dr. Tulus Suryanto, Adjunct Professor Asia E University berharap dalam pertemuan ini, memberikan nilai lebih dari yang pernah dilakukan. “Pertemuan ini penting agar mahasiswa focus dan mengikuti perkuliahan dengan bimbingan dari para professor Malaysia,” jelas Prof. Tulus.

Para mahasiswa doctoral itu dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia seperti, Pertiwi Utami, Dosen Perbankan Syariah, Stebi Lampung, Mardhiyah Hayati dan Femei Purnamasari, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung, Hasudungan Sihombing, Dosen STEBI Lampung, Dr. H. Basrowi, M.Pd., ME Dekan FKIP Universitas Bina Bangsa Banten, Dr. Aripin SH. MH, Kaprodi Pascasarjana S2 Sekolah Tinggi Manajemen Labora Jakarta, Sungkowo,S.Ag.M.Pd.I, Ketua STAI Al-Maarif Lampung Tengah, Putri Allana Abdullah, CEO Bahaso, Azizah Zuhriyah, Division Head Finance TC Invest, Dr.Waluyo.Ak.CA dosen di Universitas Mercu Buana, Meilia Risna, M.M, Manager of Account Manager of PT Pos Indonesia (Persero), Umi Khulsum M.Ak dan Pemimpin Redaksi Mimbar Publik dan Keppribetter Hendrata Yudha, M.Ikom.

Pemimpin redaksi Mimbarpublik.com, Hendrata Yudha, salah satu mahasiswa baru program doktoral yang mengikuti pertemuan itu berharap dari hasil kelas tatap muka ini dapat memfokuskan hasil penelitiannya.

“Disertasi saya berdasarkan riset, harus mandiri dan sangat terbantu dengan arahan para profesor,” ungkapnya.

Deputy Vice Chancellor Asia E University Prof. Dr. Juhary Ali menjelaskan program doctoral itu bergantung pada kemampuan mahasiswa menulis disertasi dengan sistematikal yang baik. Lebih penting lagi adalah semangat menyelesaikan tugas.

“Sebagian besar problem adalah di mahasiswa sendiri, mau cepat lulus atau terlambat disertasi ya letaknya di semangatnya. Pembimbing kan hanya mengarahkan agar mahasiswa serius dan focus,” tutur Dr. Juhary Ali.

Di sela-sela penulisan disertasi, para mahasiswa itu juga akan menyelenggarakan seminar bertaraf international yang akan diikuti mahasiswa manca negara. (tata)