Petani Kelapa Sawit Resah Harga TBS Murah

81
Kethpoto: Umbarno, Salah satu petani kelapa sawit yang resah karena merosotnya harga Tandan Buah Segar sedang berada dikebunnya, Kec.Dayun Kab.Siak.Senin,27/06/2022 Sumberphoto: istimewa

MimbarPublik.com, Siak – Kesabaran para petani kelapa sawit kembali diuji dengan merosotnya harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit berbagai daerah di Indonesia

Hal ini disampaikan salah seorang petani kelapa sawit , Umbarno dari Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau. Dalam pengakuannya harga TBS sawit terus merosot, bahkan menyentuh harga terendah.

“kemarin di pabrik harga tinggal Rp 700/kg . Sampai kepetani tinggal berapa lah. Belum lagi untuk angkutan dan ongkos panennya. Upah manen Rp 200 /kg, angkutan Rp 100 /kg, tinggal Rp.400 / kg, kalau dapat 1 ton, kami hanya dapat Rp.400.000 belum lagi potongan-potongan lain, mau makan apa kita,” jelas Umbarno ,ketika menghubungi media ini.Senin ,27/06/2022.

Harapannya, kondisi seperti saat ini pemerintah daerah (Pemda) bisa segera turun tangan untuk mencari solusi. 

“Kok kayaknya gak ada pemerintah daerah ini gerak. Baik bupatinya, gubernurnya, kepala dinasnya, DPRD-nya, gak ada bela-belain petaninya. minimal ke Jakarta sana lah berunding masalah sawit,” kata dia. 

“Kita ini kan rata-rata di Riau petani sawit. Kalau kondisinya sekarang seperti ini, ya harapan kami bisa diperhatikan lah saat kondisinya lagi susah seperti ini. Jangan diam saja. Kan sekarang kan bisa pakai video call atau lainnya, biar dapat solusi. Kita petani kan cuma bisa ngadu ke pemerintah setempat, gak bisa kita langsung ke pusat,” imbuhnya.(dharma)

 HPN PEMPROV KEPRI Pemerintah Provinsi Kepri Connexer DPRD Lingga Pemerintah Kota Tanjung Pinang DPRD Batam