Reshuffle Kabinet: Zulhas Disebut Bakal Jadi Mendag, Hadi Tjahjanto Menteri ATR

Ilustrasi susunan kabinet Indonesia Bersatu. (Foto: net)

MIMBARPUBLIK.COM, JAKARTA – Dua posisi menteri informasinya akan mengalami pergantian atau reshuffle kabinet siang ini, Rabu (15/6/2022). Dua wajah baru yang akan mengisi posisi baru tersebut adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan mantan Panglima TNI HadiTjahjanto.

Sumber di Istana menyebutkan, Zulhas akan mengisi posisi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan M Lutfi. Sedangkan, Hadi Tjahjanto akan mengantikan Sofyan Djalil sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Wajah baru lainnya juga dikabarkan akan mengisi posisi wamen, pergantian pada posisi Wamen ATR/BPN dan Wamen PUPR ke Wamen Dalam Negeri.

Sebelumnya, Jokowi mengundang sejumlah menteri ke Istana Negara, Jakarta pada Selasa (14/6/2022). Mereka antara lain Menteri ATR Sofyan Djalil, Menhan Prabowo Subianto hingga Mendag M Lutfi.

Kemudian ada Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan yang juga diundang Jokowi serta mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung tidak membantah kabar mengenai bakal ada reshuffle jilid 3 di Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Karena pemerintahan ini masih dua tahun lagi sehingga dengan kebutuhan itu Presiden yang memutuskan,” katanya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Pramono menuturkan Jokowi yang sudah delapan tahun di pemerintahan sangat memahami apa saja yang menjadi kebutuhan dari kabinet.

“Ya yang jelas Presiden, beliau sangat tahulah,” ucap dia.

Adapun mengenai kabar Partai Amanat Nasional (PAN) bakal masuk dalam kabinet, mantan Sekjen PDIP ini kembali menyerahkan hal tersebut kepada Presiden Jokowi.

“Itu kewenangan sepenuhnya Presiden mau kapan, orangnya dari mana, partainya apa, kebutuhannya apa,” papar Pramono. (*)

Editor: Redaksi | Sumber: Okezone.com