BP Batam Alokasikan Tanah ke Perusahaan, Makam Aulia Syekh Abdul Rahman Bin Abdul Aziz Kini Terabaikan

Ket : Makam Aulia Syekh Abdul Rahman Bin Abdul Aziz di Kelurahan Sei Lekop Kec Batu Aji Kota Batam. Fot: juliansyah

MIMBARPUBLIK.COM, Batam – Makam Aulia Syekh Abdul Rahman Bin Abdul Aziz yang berada di Kecamatan Batu Aji Kelurahan Sei Lekop Kota Batam ini terabaikan dari Edukasi dan Sosialisasi terhadap Masyarakat Muslim di Batam Khususnya di Ke Kepri umumnya.14/2/2022.

“Makam Aulia Syekh Abdul Rahman Bin Abdul Aziz sudah di ziarahi oleh para ulama dan Habib seluruh Dunia, adapun para ulama yang ziarah ke makam Syekh Abdul Rahman Bin Abdul Aziz ini adalah KH.H.Habib Luhfi Bin Yahya Pekalongan, sudah 4 kali berkunjung di Makam Syekh Abdul Rahman Bin Abdul.Aziz, ” ujar M.Arifin Bin Umar penjaga makam tersebut.

Ia menyebut, adapun tamu yang telah berkunjung dari Wilayah Arab, seperti Yaman, Persia , Hadramaut, Tarim , dan juga dari America dan Eropa.

M.Arifin menceritakan kenapa sampai saat ini area makam yang berukuran kurang lebih 5 hektare ini belum terbangun dengan baik, kendati banyaknya hamba Allah yang inggin membangun masjid dan sarana Taman Pengajian Al – Qur’an .

“Karena Pemerintah Badan Pengawasan ( BP ) Kota Batam sebelumnya mengalokasikan tanah tersebut kepada perusahaan, dan terbiar tidak dibangun hingga perusahaan tersebut menjualnya ke perusahaan lain hingga sampai saat ini. Dan pihak Lembaga Adat Melayu ( LAM ) Kota Batam berusaha melegalkan tanah makam Syekh Abdul Rahman Bin Abdul Aziz tersebut, direncanakan akan di bangun Masjid dan TPA dan rumah para Ustadz nantinya, ” kata M.Arifin.

M.Arifin adalah ketua Yayasan Sembilan – sembilan makam Syekh Abdul Rahman Bin Abdul Aziz, berharap makam Syekh Abdul Rahman Bin Abdul Aziz menjadi cagar budaya religius pariwisata kota Batam perlu edukasi dan sosialisasi terhadap khususnya Kota Batam Kepulauan Kepri Umumnya.

“Bahkan dunia Internasional sudah mengetahui keberadaan makam Syekh Abdul Rahman Bin Abdul Aziz, dan ramainya para Habib dan Ulama yang berkunjung di makam Abdul Rahman Bin Abdul Aziz. Seharusnya pemerintah Kota Batam dan Provinsi Kepulauan Riau peka terhadap para Aulia yang telah menyiarkan agama Islam di Kepulauan Riau bahkan dunia , kerena ini adalah perkara umat, ilmu yang di ajarkan oleh Syekh Abdul Rahman Bin Abdul Aziz tentunya menjadi modal kehidupan dalam menjadikan Batam Kota madani dan kota religius,” paparnya.

“Sudah menjadi tanggung jawab kita semua untuk mengedukasi memberi tahukan kepada masyarakat adanya makam Aulia Syekh Abdul Rahman Bin Abdul Aziz dari Yaman, agar mengenal dan mengetahui sejarah dan menjadikan cagar budaya religius untuk ke depan,” tutupnya.( Juliansyah.)