Herman Kasuma: Perayaan Cina di Bengkalis Tahun 2022 Tidak Meriah

Ket foto: Suasana malam dikota Bengkalis Foto : Syukri

MIMBARPUBLIK.COM, Bengkalis – Pada perayaan imlek 2573 tahun 2022 di kabupaten Bengkalis tidak semeriah sebelumnya, pasalnya tahun ini masih dalam suasana pandemi covid-19.

Hal itu diungkapkan Herman Kasuma Wakil Ketua Vihara Hock Ann Kiong Jalan Yos Sudarso Kelurahan Bengkalis, kabupaten Bengkalis Riau.

“Perayaan imlek yang jatuh pada 1 Februari 2022 ini, merupakan tahun Macan Elemen Air atau Ching Cui Co Shi,” ungkapnya.

“Untuk kegiatan perayaan imlek ke 2573 tahun 2022 ini, hanya melaksanakan pembagian sembako sebanyak 1.526 paket untuk keluarga pra sejahtera yang dilaksanakan dari tanggal 14-15 januari 2022 lalu,”terang Herman lagi, Senin 1 Februari 2022.

Disampaikan Herman, saat pada malam penutupan tahun baru yang merupakan acara sembahyang, akan dilaksankan dirumah mereka masing masing. Dan puncak pelaksanaan ibadah jatuh pada hari Minggu tanggal 6 Feb 2022 itu merupakan puncak kebesaran hari jadi Dewa Ching Cui Co She tahun macan elemen air. 

“Acara lain, seperti kedatangan artis dari luar itu tidak ada. Cuma, saat ini kami hanya ada memasang lampion diwilayah kota Bengkalis,”ucapnya

Lanjut Herman, Sebenarnya di Vihara Hock Ann Kiong itu ramai. Namun pada perayaan kali ini dan masih dalam suasana Pandemi covid-19 banyak yang tidak pulang ke Bengkalis.

“Karena masih suasana pandemi covid, banyak yang tidak pulang, lagipun tidak ada perayaan seperti tahun tahun sebelumnya. Dan untuk prokes di vihara Hock ann kiong tetap kita laksanakan secara ketat,”ucapnya.(del)