Komitmen Iringi Pembangunan IKN, PBNU Bangun Kantor di Ibu Kota Baru Nusantara

Desain Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara Baru. (Foto: Dok Instagram  Nyoman Nuarta)

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan membangun kantor di wilayah Ibu Kota Baru Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Pencanangan kantor PBNU yang bertempat di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dilaksanakan pada Minggu (30/1/2022).

Pembangunan kantor baru ini merupakan bentuk komitmen PBNU mengiringi pembangunan IKN Nusantara.

Ketua PBNU Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya mengisahkan, kehidupan di Kabupaten Penajam Paser Utara sangat jauh berbeda dengan 17 tahun, saat ia pertama kali mendatangi wilayah ini.

“Kali pertama sejak 17 tahun lalu, saya datang lagi ke tempat ini. Dalam keadaan yang jauh lebih membesarkan hati. Kala itu, masih berlumpur. Itu tahun 2004. Ketika Pak Syamsul (Ketua PCNU Penajam Paser Utara) rumahnya masih jelek. Sekarang sudah menjadi istana,” kata Gus Yahya saat pencanangan kantor baru PBNU di IKN Penajam Paser Utara yang ditayangkan di TV NU, Minggu (30/1/2022).

Dia mengatakan, sebentar lagi masyarakat di Sepaku dan Penajam Paser Utara akan menjadi warga ibu kota baru.

“Untuk itu, mumpung belum menjadi ibu kota yang padat. PBNU mendahului, mohon izin kepada Bapak Bupati untuk ikut menempati Ibu Kota Negara. Syukur-syukur kalau Pak Bupati menyiapkan tempatnya,” ujarnya.

“Alhamdulillah, sudah ada pembicaraan dari kemarin dan Pak Bupati sudah siap akan memfasilitasi supaya begitu resmi Ibu Kota Negara Kota Nusantara, di situ segera ada gedung PBNU,” imbuhnya.

Acara pencanangan kantor baru PBNU di IKN Nusantara ini dihadiri ratusan warga NU. Selain Gus Yahya dan Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdan Pongrewa, hadir juga Ketua PCNU PPU Muhammad Samsul Hadi, Sekjen PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.