Wujudkan Zona Integritas Menuju WBBM, Kanim Batam Gelar Studi Tiru ke Kanim Tanjung Pandan

Kabid Teknologi dan Komunikasi Keimigrasian di Kantor Imigrasi Tanjungpandan, Jumat (12/11/21).

MIMBARPUBLIK.COM, Batam- Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam melaksanakan studi tiru ke Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Pandan dalam rangka pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada Kamis (11/11/2021).

Kegiatan studi tiru Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam diikuti perwakilan kantor yaitu Kepala Bidang Teknologi dan Komunikasi Keimigrasian Tessa Harumdila, Kepala Bidang Intelejen dan Penindakan Keimgrasian Ricky Rachmawan, Kepala Seksi Izin Tinggal Keimigrasian Raja Reza Hediansah, Kepala Seksi Pemeriksaan III Muchsin Miralza, dan Analis Keimigrasian Ahli Pertama David Edward Lumbantoruan.

Kunjungan Kanim Batam disambut langsung oleh Plh Kakanim Tanjung Pandan yaitu Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Hendra Adhiwibowo, didampingi juga oleh Kepala Seksi Dokumen Perjalanan Oktya Hartati Putri, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Nanang serta pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Pandan.

Kepala Bidang Teknologi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Batam Tessa Harumdila mengatakan, kegiatan studi tiru ini bertujuan untuk kita melihat langsung agar bisa mengikuti jejak Kanim Tanjung Pandan yang sebelumnya sudah meraih predikat WBBM.

“Kegiatan studi tiru yang dilaksanakan oleh Kanim Batam bertujuan untuk mengikuti kontestasi menuju WBBM,” ujar Tessa pada Jum’at (12/11/2021) pagi.

Karena sebelumnya beberapa pengalaman Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Pandan telah meraih Predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani pada tahun 2020 yang lalu.

Selanjutnya Kanim Tanjung Pandan juga menampilkan beberapa inovasi unggulan yang diantaranya yaitu inovasi datang langsung ke desa dan pulau atau dengan jargonnya yaitu dikenal dengan nama inovasi Mendanau, inovasi bujang dan dayang informasi.

Setiap inovasi tersebut terdapat pegawai yang ditugaskan untuk menjawab terkait permohonan paspor, kelayang creative corner, Sistem Pelacakan Permohonan Paspor (Simpor), Pemberian Kompensasi Kepada Pemohon (Pempek) apabila terjadi keterlambatan penyelesaian paspor.

Terkahir yaitu Pojok Literasi dan Wawasan (Perawas) Wall of Press yang berisikan tentang berita-berita terkait Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Pandan.

Rombongan Kanim Batam juga meninjau secara langsung ke area pelayanan, ruang kerja masing-masing bidang, serta beberapa area kantor lainnya untuk saling bertukar informasi terhadap inovasi yang ada.

Tessa juga mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan studi tiru ini maka terjadinya saling bertukar informasi khususnya bagi Kanim Batam yang sedang ingin meraih predikat WBBM yang pada dasarnya yang telah diperoleh oleh Kanim Tanjung Pandan terlebih dahulu.

“Telah terlaksananya pertukaran informasi dan gagagasan serta inovasi-inovasi secara interaktif antara Kanim Batam dengan Kanim Tanjung Pandan, dan juga menjalin komunikasi yang baik diantara kedua belah pihak,” bebernya.

Tessa juga berharap, untuk menghadapi desk evaluasi Tim Penilai Nasional diharapkan kegiatan studi tiru ini dapat menjadi masukan yang baik serta inovasi-inovasi dan saran yang didapat dari kegiatan studi tiru dapat menjadi salah satu acuan untuk rencana kedepannya.

“Kita berharap ini menjadi sebuah motivasi kita yang dapat kita tiru untuk mewujudkan untuk meraih predikat WBBM di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Batam,” pungkasnya