Kabid Lala, Izin Trayek Pelayaran PT Era akan Dievaluasi dalam Satu Bulan

Heru (ke-3 dari kiri), Kabid Lala KSOP Kelas I tbk, memimpin pertemuan antara agen pelayaran dan masyarakat di ruang tunggu keberangkatan pelabuhan Tanjung Berlian, Rabu (03/11/2021) (Foto/sajiruns/mimbarpublik)
Heru (ke-3 dari kiri), Kabid Lala KSOP Kelas I tbk, memimpin pertemuan antara agen pelayaran dan masyarakat di ruang tunggu keberangkatan pelabuhan Tanjung Berlian, Rabu (03/11/2021) (Foto/sajiruns/mimbarpublik)

MIMBARPUBLIK.COM, Karimun – Kepala Bidang Lalu Lintas Laut (Kabid LALA) Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Balai Karimun (KSOP TBK), Heru menyampaikan ke awak media mimbarpublik.com akan menyelesaikan evaluasi ijin trayek pelayaran PT. Era Citra Mandiri dengan armada kapal Bintang best dengan jalur trayek Tanjung Batu-Tanjung Berlian-Sekupang, Harbour Bay,  paling lama satu bulan.

Setelah melalui pertemuan di Ruang tunggu keberangkatan pelabuhan Tanjung Berlian, Rabu (03/11/ 2021), yang dihadiri para agen pelayaran yang ada di Tanjung Batu, dan Tanjung Berlian, perwakilan KSOP , wilker tanjung batu, wilker tanjung berlian, serta para tokoh masyarakat, untuk ijin trayek PT. Era Citra Mandiri dengan armada kapal Bintang best, mendapat dukungan yang cukup besar dari masyarakat. Ditandai dengan hadirnya ratusan warga masyarakat ke pelabuhan tanjung berlian untuk mengikuti pertemuan tersebut. Namun beberapa orang perwakilan masyarakat yang diperbolehkan mengikuti pertemuan, namun ratusan warga menunggu di luar.

Warga yang menunggu di luar pelabuhan Tanjung Berlian, Rabu (3/11/2021) Foto: sajiruns/mimbarpublik
Warga yang menunggu di luar pelabuhan Tanjung Berlian, Rabu (3/11/2021) Foto: sajiruns/mimbarpublik

“Pihak KSOP berjanji akan mengevaluasi dan mengakomodir ijin ini selama sebulan, pada prinsipnya kami setuju, kami selalu terbuka untuk membantu yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat,” tegas Heru.

“Kita lihat hampir semua agen pelayaran yang ada di Urung dan Tanjung Batu mendukung, hanya ada satu agen pelayaran yang memberikan sedikit masukan. Nantinya kami akan mengatur jam keberangkatan kapal, agar jangan terjadi benturan, harapan kita semua agen pelayaran dapat bekerja sama dengan baik dan kalaupun ada persaingan, bersainglah secara sehat,” tuturnya.

Salah seorang masyarakat Urung, Jali, menyampaikan, “kita sangat berharap pihak KSOP segera memproses dan memberikan ijin pelayaran PT. Era Citra Mandiri dengan armada kapal bintang best demi untuk kepentingan masyarakat, dengan harapan, ini bisa menggairahkan dan membangkitkan  perekonomian masyarakat di Urung ini, di mana kalau mau ke Batam, masyarakat tidak usah lagi ke tanjung batu maupun balai, nantinya kami sangat terbantu kalau  mau ke batam bisa langsung dari Urung,” tegasnya.

Pertemuan di ruang tunggu keberangkatan pelabuhan Tanjung Berlian dihadiri, Kepala Wilker KSOP Tanjung Berlian, Agus Sutrisno, Kepala Wilker Tanjung Batu, Tarigan, Kabid Lala KSOP Kelas I Tbk Heru dan rombongan, agen pelayaran era citra mandiri, agen pelayaran marina tama gema nusa, agen pelayaran senen bintan jaya expres, dan para perwakilan tokoh masyarakat Urung. Sajirun s