Siswa SD 01 Bintan Utara Ikuti Festival Membaca Cerita Pendek Tingkat Nasional

Kezia Adinda Syakira, Siswi SD 001 Kelurahan Tanjung Uban Kota, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan. (Foto: Jul/Mimbarpublik.com)

MIMBARPUBLIK.COM, BINTAN – Festival membacakan buku cerita untuk anak Forum Gerakan Literasi Sekolah Nasional ( FGLSN ) Nomor : 070/FGLSN/IX/2021,Kezia Adinda Syakira anak kelas III SD 001 Kelurahan Tanjung Uban Kota Kecamatan Bintan Utara Kabupaten Bintan masuk dalam Dominasi Festival membaca Cerita Pendek anak, tingkat Nasional melalui program Digital atau chanel Youtobe, Rabu (27/10/2021).

Kezia Adinda Syakira ( 9 ) kelas III Sekolah Dasar ( SD ) 001 terpilih mengikuti Literasi Festival membaca cerita pendek yang diselenggarakan oleh Forum Gerakan Literasi Sekolah Nasional ( FGLSN ) yang mengundang seluruh peserta didik sekolah dari tingkat SD , MI ,SMP ,MTS, SMA, SMK ,MA dan SLB atau SKH, untuk mengikuti Festival Menbaca Buku Cerita Pendek Untuk Anak.

Kegiatan ini berupa pembuatan Film pendek Seorang Siswa sedang memegang buku dan membaca cerita untuk anak dengan durasi minimal 10 menit.

Adapun tema cerita bebas, dikemas kreatif, komunikatif, mendidik, positif, inovatif dan menginspirasi.

Selanjutnya untuk persyaratan mengikuti Festival tersebut, Satu orang guru pembimbing hanya boleh membimbing satu orang saja, Kemudian guru pembimbing dan calon peserta yang berminat mengikuti festival harus mendaftar dengan cara menuliskan nama, asal sekolah dan pernyataan berminat pada kolom Komentar link Video Youtube penjelasan teknis ” Festival Menbaca Cerita Pendek Untuk Anak FGLSN tahun 2021.

Selanjutnya peserta bersifat individu atau perorangan , lebih lanjut lagi, kegiatan ini dapat diikuti oleh semua siswa ,judul cerita yang sudah diupload oleh peserta lain.dan keikutsertaan dalam festival ini bersifat sukarela , Video yang dikirim ke FGLSN belum pernah diunggah belum pernah diunggah dimedia sosial manapun termasuk chanel youtube sekolah atau pribadi.dan Video harus dalam format standar youtube ,yaitu pada saat shooting posiso camera harus horizontal atau datar bukan vertikal atau berdiri.

Video chanel Youtube akan dikirim kamis 28 Oktober 2021 oleh pihak Sekolah Dasar 001 Bintan Utara Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau ( Kepri ), ke Forum Gerakan Literasi Sekolah Nasional ( FGLSN ) .

Kepala Sekolah Dasar 001 Bintan Utara mengucapkan terima kasih atas semua pihak yang telah bekerja sama dalam kegiatan pembuatan video cerita pendek yang dibawakan anak kita tingkat nasional.

“Mudah – mudahan anak kita Kezia Adinda Syakira berhasil meraih juara , harapannya dengan kegiatanya seperti ini bisa memicu semangat anak – anak untuk lebih giat membaca,” ungkap Suhedma S.Pd.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Mengapresiasi dengan mengatakan Situasi Pandemi Covid – 19 tidak menjadi penghalang kita untuk tidak berkembang dan maju terutama pada siswa dan siswi kita , ujar Tamsir Kepala.Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan.

Lebih lanjut Tamsir juga mengatakan ” Kondisi saat ini kita lebih tertantang ,Siswa dapat mengikuti kegiatan lomba – lomba baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional secara virtual.

“Seperti kegiatan Festival Menbaca Cerita Pendek oleh siswa siswi dan banyak kegiatan lainnya lagi , Disdik sangat menyambut baik dan mensuport siswa siswi kita untuk berkompetensi. Sukses kita ucapkan kepada anak kita Kezia Adinda Syakira Siswa SDN 01 Binut,” tutup Tamsir.

Penulis: Juliansyah