Audiensi LASQI, Bupati Asahan Serahkan Trofi dan Uang Pembinaan

Bupati Asahan (Tengah) foto bersama dengan para juara Lomba Seni Qasidah
Bupati Asahan (Tengah) foto bersama dengan para juara Lomba Seni Qasidah

MIMBARPUBLIK.COM, Asahan – Bupati Asahan H Surya, BSc menerima audiensi Lembaga Seni Qasida Indonesia (LASQI) Cabang Asahan di Ruang Kerjanya, Senin 18 Oktober 2021.

Dalam audiensi LASQI itu, Bupati didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kabag Kesra Setdakab Asahan dan Kabag Protokol Setdakab Asahan.

Ketua Harian LASQI Kabupaten Asahan Utomo, S. Ag mengatakan LASQI saat ini mengikuti 8 cabang katagori yang dipertandingkan di tingkat Provinsi Sumatera Utara.

“Alhamdulillah di 6 cabang katagori kita mendapat juara,” ujar Utomo.

Untuk itu, Utomo mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah kabupaten Asahan yang telah memberikan dukungan kepada LASQI Kabupaten Asahan.

“Kami berharap di tahun mendatang bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada kafilah Kabupaten Asahan dapat ditingkatkan,” ungkapnya.

Menanggapi itu, Bupati Asahan H Surya BSc mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan mengapresiasi prestasi para kafilah ditingkat Provinsi Sumatera Utara.

Surya juga berharap, kepada pengurus LASQI Kabupaten Asahan dapat mengembangkan seni Qasida di Kabupaten Asahan.

“Seni Qasida ini merupakan salah satu perwujudan dari visi-misi Pemerintah Kabupaten Asahan yaitu Masyarakat Asahan yang Religius, maka dari itu sudah seharusnya kita melestarikan seni budaya ini sekaligus sebagai wadah syiar agama Islam,” kata Bupati mengakhiri.

Selain itu, audiensi ini juga dirangkai dengan penyerahan tropy dan uang pembinaan dari LASQI Sumatera Utara yang diserahkan melalui Bupati Asahan kepada para kafilah yang meraih juara.

Berikut nama-nama yang menerima trophy dan uang:

Juara III Bintang Vokalis Qasidah Gambus golongan Dewasa Putra. atas nama Hidayah Guntoro,

Juara Harapan I Bintang Vokalis Qasidah Gambus golongan anak-anak Putri, atas nama Safita Gatur Widya Putri,

Juara Harapan I Bintang Vokalis Qosidah Gambus golongan Remaja Putri, atas nama Alya Asyifa Irfani Sani,

Juara Harapan I Rebana Klasik Remaja Golongan Remaja Putri, Juara Harapan III Bintang Vokalis Qasidah Gambus Remaja Putra, atas nama Ahmad Rizki Hidayat Sitorus dan Juara Harapan III Bintang Vokalis Qasidah Gambus Anak-anak Putra.(A.Sinaga)