Pemeriksaan Psikologi Pemegang dan Calon Pemegang Senpi oleh Kapolres Tanah Karo

Pemeriksaan Psikologi Polres Tanah Karo
Pemeriksaan Psikologi Polres Tanah Karo

MIMBARPUBLIK.COM, Karo – Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo, S.H, S.I.K, melaksanakan Pengecekan Kegiatan Pemeriksaan Psikologi Bagi Pemegang dan Calon Pemengang Senpi Dinas pada Polres Tanah Karo,Pada Jumat 04 Juni 2021 pukul 10.00 WIB, dilaksanakan Pemeriksaan Psikologi oleh Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sumut.

Kapolres menegaskan bahwa penggunaan senpi dilingkungan Polres Tanah Karo harus sesuai prosedur, jangan sampai ada senjata beredar tanpa dokumen, apalagi sampai ijinnya habis namun senjata tersebut masih dipegang oleh anggota.

“Setiap anggota pemegang senpi wajib mengikuti tahapan test pemegang senpi, test psikologi untuk antisipasi jangan sampai senpi jatuh ke tangan yang salah, setiap anggota pemegang senpi harus lulus ujian,” Tegas Kapolres.

Apabila anggota yang akan meminjam senpi tidak lulus test kesehatan kejiwaan,maka anggota tersebut tidak akan diperbolehkan menggunakan senpi dan apabila lulus akan mengikuti tahapan saringan selanjutnya yaitu rekomendasi dari Kapolres sebagai pimpinan.

Hasil bagus dalam psikologi, masih ada lagi filter. Tidak mudah, ada saringan-saringan lagi dan Kapolres yang akan menilai itu,” demikian kata Tim Psikologi Biro SDM Polda Sumut, AKP Zulhafni S.Psi, M, Psi.

Dia menyebutkan, contoh anggota yang ditarik senjata apinya ialah anggota yang terlibat dalam narkoba, tidak disiplin atau tidak masuk kerja secara berturut-turut.

Rangkaian kegiatan di mulai dengan pembukaan,sambutan Kabag Sumda Polres Tanah Karo, Pengarahan ketua Tim, dan dilanjutkan dengan kegiatan Pemeriksaan Psikologi Senpi terhadap Personil Polres Tanah Karo.

Pukul 12.00 WIB, kegiatan Pemeriksaan Psikologi Senpi telah selesai dilaksanakan.

Hadir dalam kegiatan, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo, S.H, S.I.K, Kabag Sumda Polres Tanah Karo,  KOMPOL SP. Anak Ampun, S.H, Tim Psikologi Biro SDM Polda Sumut, AKP Zulhafni S. Psi, M. Psi,  BRIPKA Dian Juliana Wardayani S Psi, BRIPTU Mas Teguh Muhammad Tamyz, Para Personil Polres Tanah Karo dan Para Personil Polsek/Ta Sejajaran Polres Tanah Karo.

Penulis : Indiraneike Meliala