Bupati Karimun Tinjau Lokasi Tempat Isolasi Mandiri

Bupati Karimun Tinjau Lokasi Tempat Isolasi Mandiri
Bupati Karimun Tinjau Lokasi Tempat Isolasi Mandiri

MIMBARPUBLIK.COM, Karimun – Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq, M.Si beserta rombongan Ketua DPRD, FKPD dan Sekda Karimun meninjau tempat isolasi mandiri dan tempat pelaksanaan Vaksinasi bagi warga Kundur dan sekitarnya.  Sabtu (29/05).

Wilayah Kabupaten Karimun yang banyak meliputi kepulauan, membuat Pemda harus menyediakan sejumlah lokasi Karantina.

Peninjauan dilanjutkan ke kepulauan kundur, meninjau untuk dermaga sandar kapal Rumah Sakit Apung yang akan melaksanakan pengobatan massal selama 2 bulan yang mulai dari tanggal 1 di pelabuhan Airud Desa Sungai Sebesi Kec. Kundur.

Kemudian Peninjauan di lanjutkan ke Puskesmas Kundur untuk melihat proses Vaksinasi. Kemudaian di lanjutkan ke Hotel Taman Gembira KM.7 Kec. Kundur dan terakhir peninjauan ke Hotel Gembira Kec. Kundur.

Dari hasil peninjauan, kita melihat bahwa untuk di Pulau Karimun isolasi terpusat sudah di tetapkan di SMP N 2 Binaan dan SMA N 4 Binaan Kec. Tebing dengan kapasistas tempat tidur sebanyak 200 buah.

Setelah peninjauan di pulau kundur untuk isolasi secara terpusat ini kemungkinan akan kita lakukan di Hotel Gembira.

“Untuk di pulau Kundur, kita telah cek lokasi yaitu di Hotel Gembira dan akan dibicarakan lebih lanjut,” kata Bupati Karimun.

Disebutkan oleh Bupati, bahwa Hotel Gembira tersebut juga dapat menampung sebanyak 100 orang lebih dengan jumlah kamar sekitar 55.

“Ada sekitar 55 kamar dengan kapasitas kamar ada yang bisa menampung 2 hingga orang,” ucap Bupati Karimun.

Untuk Karantina di Hotel Gembira itu, direncanakan juga untuk beberapa Kecamatan, yaitu Kundur, Kundur Barat, Kundur Utara, Ungar, Belat, Durai serta jika memungkin juga untuk Kecamatan Moro.

Kemudian, Karantina terpusat di Pulau Karimun Besar, akan meliputi Kecamatan Karimun, Meral, Meral Barat, Tebing dan juga Buru.

Lokasi karantina terpusat yang disediakan oleh Pemkab Karimun, akan ditempati oleh pasien konfirmasi Positif Covid-19 dengan kategori tanpa gejala dan gejala ringan.

“Kalau gejalanya cukup berat, akan dipusatkan di RSUD Muhammad Sani atau RSUD Tanjungbatu, RSBT dan Medic Centre,” ujar Bupati.

Pemkab Karimun saat ini tengah menghadapi lonjakan kasus Covid-19. Selain melakukan percepatan penanggulangan agar tidak terjadinya penyebaran, juga dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19. rls/ sajirun s.