Gubsu Lantik Bupati Asahan dan 10 Kepala Daerah Lainnya

Bupati Asahan terpilih (Kanan) saat dilantik Gubsu. (Foto: Istimewa)

MIMBARPUBLIK.COM, Asahan – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, melantik Bupati H Surya BSc dan Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin, serta 10 Kepala Daerah lainnya yang terpilih pada Pilkada 2020 lalu.

Dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Asahan oleh Gubsu ini sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.12354 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak di Kabupaten/Kota  Provinsi Sumatera Utara.

Pelantikan bupati itu berlangsung di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Jenderal Sudirman No 41 Medan. Pelaksanaan pelantikan juga dilakukan secara tertutup dan terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

“Pelantikan selama pandemi Covid-19 ini cukup berbeda. Namun demikian tidak mengurangi hikmat, rasa bangga, bahagia menyambut kepala daerah baru ini,” kata Gubsu Edy Rahmayadi, Jumat (26/02/2021).

Menurut dia, pelantikan bupati dan wakil bupati di tengah pandemi ini memiliki makna yang sangat besar. Banyak pekerjaan besar yang harus diselesaikan bertanggung jawab.

“Inilah momentum kepala daerah dituntut bekerja keras, cerdas, amanah dan terus menciptakan kesejahteraan masyarakat di kabupaten yang dipimpin nanti.

Ia menambahkan para bupati ini harus bergerak cepat, segera lakukan konsolidasi dan koordinasi dalam merealisasikan visi misi selama masa kampanye pilkada yang lalu.

“Program-program yang diusung, implementasinya harus sejalan dengan program pemerintah provinsi dan pemerintah pusat,” ujar Gubsu.

Di lain tempat, Sekda Asahan Jhon Hardi Nasution mengatakan bahwa Forkopimda Kabupaten Asahan, beserta seluruh OPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, TP PKK dan Dharma Wanita Kabupaten Asahan turut menyaksikan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Asahan terpilih secara virtual di Aula Melati Kantor Bupati Asahan dan Pendopo Rumah Dinas Kantor Bupati Asahan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Hal tersebut kita lakukan demi menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19,” ungkap Jhon Hardi.

Penulis: Amy Sinaga