Di Atas Langit Masih Ada Langit, Jack Ma Sering Menantang Partai Komunis China Hilang Ditelan Bumi

Jack Ma | Foto : Istimewa
Jack Ma | Foto : Istimewa

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Pepatah China Kuno menyuratkan bahwa di atas langit selalu ada langit lagi, yang berarti jangan sombong dan besar kepala ketika semakin kaya. Forbes mencatatkan kekayaan bersih Jack Ma, pendiri Alibaba mencapai US$58,4 miliar. Ia hilang bak ditelan bumi, karena terlalu sering menantang Partai Komunis China yang dianggapkan kolot.

Pria 56 tahun itu tumbuh dalam lingkungan yang sederhana di Komunis Tiongkok, punya kisah yang inspiratif. Ma terkenal dua kali gagal dalam ujian masuk universitas. Ia juga ditolak dari setiap pekerjaan yang dia lamar setelah kuliah, termasuk rantai makanan cepat saji KFC.

Setelah mengalami banyak kegagalan, ia bersama dengan tim yang terdiri dari 18 orang bermodalkan US$60.000, mendirikan Alibaba di kota Hangzhou pada tahun 1999. Sekitar 20 tahun kemudian, Alibaba menjadi salah satu perusahaan ritel dan e-commerce terbesar di dunia dengan lebih dari 100.000 para karyawan.

Hilangnya Jack Ma dalam dua bulan terakhir, memunculkan spekulasi bahwa pemerintah China telah mengambil tindakan terhadap Ma dan perusahaannya, termasuk penyelidikan antitrust terhadap Alibaba.